News
Rabu, 12 Januari 2011 - 12:04 WIB

Netanyahu serukan aksi militer terhadap Iran

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Benjamin Netanyahu (AFP)

Benjamin Netanyahu (AFP)

Advertisement

Yerusalem--Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu kembali menyerukan opsi militer terhadap Iran guna memaksa negeri itu menghentikan program nuklirnya.

Menurut Netanyahu, aksi militer harus diambil oleh komunitas internasional dengan dipimpin oleh Amerika Serikat. “Kita harus meningkatkan tekanan dan saya pikir tekanan tersebut tidak akan cukup untuk membuat rezim ini mengubah arah tanpa opsi militer yang kredibel yang ditujukan pada mereka oleh komunitas internasional dengan dipimpin oleh Amerika Serikat,” ujar Netanyahu seperti dilansir media Iran, Press TV, Rabu (12/1).

Menurut Netanyahu, sanksi-sanksi tidak cukup untuk menghentikan program nuklir Iran. Karenanya sanksi-sanksi itu harus didukung oleh sejumlah aksi militer.

Advertisement

Bukan kali ini saja Netanyahu melontarkan pernyataan tersebut. Sebelumnya pemimpin negeri Yahudi itu telah beberapa kali melontarkan seruan senada mengenai Iran. Namun seruan-seruan itu telah ditolak oleh Menteri Pertahanan AS Robert Gates.

Pekan lalu pemerintah Teheran mengumumkan lokasi-lokasi nuklir Iran terbuka untuk dikunjungi perwakilan-perwakilan Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA).

Undangan Iran itu disampaikan menjelang pembicaraan multinegara antara Iran dan kelompok P5+1 yang terdiri dari: Inggris, China, Prancis, Rusia, AS dan Jerman. Pertemuan itu rencananya akan digelar di Turki pada 21-22 Januari.

Advertisement

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Netanyahu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif