Benjamin Netanyahu (AFP)
Rabu, 12 Januari 2011 12:04 WIB Internasional Share :

Netanyahu serukan aksi militer terhadap Iran

Benjamin Netanyahu (AFP)

Yerusalem--Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu kembali menyerukan opsi militer terhadap Iran guna memaksa negeri itu menghentikan program nuklirnya.

Menurut Netanyahu, aksi militer harus diambil oleh komunitas internasional dengan dipimpin oleh Amerika Serikat. “Kita harus meningkatkan tekanan dan saya pikir tekanan tersebut tidak akan cukup untuk membuat rezim ini mengubah arah tanpa opsi militer yang kredibel yang ditujukan pada mereka oleh komunitas internasional dengan dipimpin oleh Amerika Serikat,” ujar Netanyahu seperti dilansir media Iran, Press TV, Rabu (12/1).

Menurut Netanyahu, sanksi-sanksi tidak cukup untuk menghentikan program nuklir Iran. Karenanya sanksi-sanksi itu harus didukung oleh sejumlah aksi militer.

Bukan kali ini saja Netanyahu melontarkan pernyataan tersebut. Sebelumnya pemimpin negeri Yahudi itu telah beberapa kali melontarkan seruan senada mengenai Iran. Namun seruan-seruan itu telah ditolak oleh Menteri Pertahanan AS Robert Gates.

Pekan lalu pemerintah Teheran mengumumkan lokasi-lokasi nuklir Iran terbuka untuk dikunjungi perwakilan-perwakilan Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA).

Undangan Iran itu disampaikan menjelang pembicaraan multinegara antara Iran dan kelompok P5+1 yang terdiri dari: Inggris, China, Prancis, Rusia, AS dan Jerman. Pertemuan itu rencananya akan digelar di Turki pada 21-22 Januari.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…