Rabu, 12 Januari 2011 19:31 WIB Ekonomi Share :

Menhub
Mandala tak akan beroperasi lagi

Jakarta –– Pemerintah menyatakan maskapai penerbangan nasional Mandala Airlines tak akan beroperasi lagi. Alasannya adalah karena maskapai tersebut terjerat masalah keuangan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi ketika ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (12/1).

“Secara prinsip Mandala tak akan beroperasi lagi. Mandala sudah sampaikan ke menteri perhubungan melalui rapat bersama itu. Detailnya saya belum tahu, mungkin berhubungan dengan finansial. Saya belum tahu sementara atau permanen,” tegas Freddy.

Freddy menyebutkan terdapat konsekuensi dari rencana berhentinya operasional Mandala tersebut yaitu pengisian trayek Mandala oleh maskapai lain sehingga tidak merugikan masyarakat.

Seperti diketahui, Mandala akan menghentikan sementara  penerbangannya mulai Kamis, 13 Januari 2011. Kabar tutupnya Mandala Airlines ini memang cukup mengejutkan mengingat sebelumnya telah mengumumkan berbagai rencana yang cukup mengesankan.

Pada pertengahan 2010 lalu Mandala Airlines merambah rute penerbangan internasional dengan membuka rute Jakarta-Singapura dan Balikpapan-Singapura pulang pergi. Untuk melayani peningkatan penumpang, Mandala segera memperkuat armadanya dengan 25 pesawat baru dari Airbus.

Kepastian kabar stop penerbangan Mandala Airlines diperoleh dari Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti. Pemerintah juga telah meminta Mandala menyelesaikan proses refund atau mengalihkan ke penerbangan lain bagi konsumen yang telah memesan tiket.

“Mandala sudah melapor ke kita untuk melakukan restrukturisasi perusahaan. Maka mulai besok resmi berhenti beroperasi untuk konsentrasi selesaikan semuanya masalahnya,” kata Herry.

Mandala telah mengakui pihaknya mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat karena sedang mengalami masalah keuangan.

“Pengajuan PKPU merupakan langkah terbaik yang dapat diambil untuk memastikan keberlangsungan operasi perusahaan di masa mendatang,” ujar Sekretaris Perusahaan Mandala Airlines Nurmaria Sarona dalam keterangan persnya, Rabu (12/1).

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….