(Foto: thinkstock)
Rabu, 12 Januari 2011 11:41 WIB Kesehatan Share :

Bila susah BAB di pagi hari

Jakarta–Buang Air Besar (BAB) memang bisa dilakukan kapan saja, tapi kebanyakan orang merasa nyaman bila BAB lancar di pagi hari. Apa yang harus dilakukan bila di pagi hari susah BAB?

BAB yang lancar sangat penting untuk kesehatan karena BAB membantu menghilangkan sisa makanan yang tercerna dan bahan limbah dari tubuh.

BAB yang sehat biasanya rutin setiap hari atau dua hari sekali. BAB yang sehat itu harus mudah dilakukan, tanpa mengejan dengan keras atau rasa sakit dan tinja tidak boleh mengandung darah.

BAB yang tidak lancar disebabkan karena cairan dalam tubuh kering. Akibatnya kemampuan usus besar untuk berkontraksi menjadi lemah.

Solusi yang sederhana agar BAB lancar di pagi hari adalah banyak minum air di siang hari. Kemudian minum segelas air hangat di pagi hari. Minuman herbal lidah buaya di pagi hari juga bisa memperlancar BAB.

Selain karena tubuh kurang air, BAB yang tidak lancar juga disebabkan tubuh kekurangan serat. Praktisi kesehatan menyarankan agar pada siang hari orang lebih banyak makan makanan berserat dan minum air sehingga pagi harinya metabolisme tubuh bisa lancar.

Dilansir Coloncleanseguide, Rabu (12/1), beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan BAB:

1. Makanan berserat tinggi misalnya kubis, wortel, brokoli, bayam, pepaya.
2. Makan buah-buahan kering seperti kismis, aprikot.
3. Makanan mengandung jahe, bawang merah dan bawang putih.
4. Makanan yang difermentasi seperti yoghurt dan kefir.
5. Makanan mengandung zinc seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang polong, buncis, seafood, telur dan kedelai.
6. Makanan mengandung minyak ikan, minyak zaitun, cod dan minyak gandum.

Tapi jika sedang mengalami sembelit sebaiknya hindari:

1. Makan pisang bila sedang mengalami kesulitan BAB, karena pisang dapat menyebabkan sembelit.
2. Jauhkan kafein karena dapat menyebabkan diuretik usus besar dan membuat kotoran menjadi keras.

Kurang serat dan kurang minum biasanya dapat membuat Anda kesulitan BAB atau tinja menjadi keras, yang pada akhirnya dapat menyebabkan ambeien atau wasir.

Wasir atau ambeien atau hemoroid merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan.

Untuk mencegah penyakit ini, biasanya dokter akan menyarankan agar teratur buang air besar (BAB) dan banyak makan makanan berserat. Teknik BAB yang benar juga bisa membantu mencegah ambeien.

dtc/tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.ARTABOGA CEMERLANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…