Selasa, 11 Januari 2011 15:03 WIB Internasional Share :

Korut kecam penolakan Korsel untuk berdialog

Seoul–Pemerintah Korea Selatan (Korsel) telah menolak tawaran dialog dari rivalnya, Korea Utara (Korut). Penolakan itu dikecam oleh Korut. Negeri komunis itu bersikeras bahwa pihaknya tulus dalam mencoba memperbaiki hubungan setelah berbulan-bulan dilanda ketegangan.

Dalam editorial surat kabar milik pemerintah Korut, Minju Josun, Korut mengecam pemerintah Korsel karena mengaburkan harapan untuk hubungan yang membaik.

“Mereka yang mempertanyakan ketulusan kami perlu membaca statemen penawaran dialog dengan seksama. Statemen tersebut menawarkan pembicaraan ekstensif dan negosiasi dengan tanpa syarat,” tulis editorial Minju Josun seperti dilansir kantor berita resmi Korut, KCNA dan diberitakan AFP, Selasa (11/1).

“Apakah kami tulus atau tidak akan dipastikan begitu kita duduk berhadapan,” demikian tulis koran tersebut.

Dalam editorial itu, Seoul juga diimbau untuk segera berhenti memfitnah dan provokasi terhadap Pyongyang.

Pemerintah Korut telah secara resmi menawarkan dialog dengan Korsel. Tawaran ini disampaikan kurang dari dua bulan setelah Korut melancarkan serangan artileri ke wilayah Korsel yang menewaskan dua warga sipil dan dua marinir Korsel.

Seoul yang skeptis langsung menolak tawaran dialog tersebut. Seoul menegaskan, Pyongyang harus lebih dulu mengaku bertanggung jawab atas serangkaian provokasi dan menegaskan komitmennya untuk menghapus program nuklirnya. Pemerintah Korsel menyatakan, pihaknya sulit untuk menganggap tawaran dialog tersebut tulus adanya.

dtc/tiw

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…