Senin, 10 Januari 2011 12:22 WIB News Share :

Banjir lahar dingin, 1.033 KK di Desa Sirahan diungsikan

Magelang–Banjir lahar dingin setinggi 3 meter melumpuhkan Desa Sirahan, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah. Sebanyak 1.033 KK dan ribuan warganya harus dievakuasi ke dua titik pengungsian di Balai Desa Sriwedari dan Tempat Pengungsian Akhir (TPA) Tanjung, Muntilan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Urusan Kesejahteraan (Kaur Kesra) Desa Sirahan, Kecamatan Salam, Muhammad Rochim ,40, saat ditemui, Senin (10/1) di sekitar Desa Sirahan, Magelang.

“1.033 KK dari tujuh dusun 90 persen dipastikan rumahnya rusak berat. 7 Rumah hanyut dan masih bisa bertambah jumlahnya. Sebab, pihak desa saat ini mulai melakukan pendataan,” kata Muhammad Rochim.

Rochim menyatakan kondisi rumah-rumah yang terendam material banjir lahar dingin bisa mencapai 2 meter lebih. Material nyaris mencapai atap dan sulit untuk menyelamatkan harta benda penduduk, sebab banjir datang menjelang malam hari dan secara tiba-tiba.

Malam itu, warga langsung melarikan diri ke masjid desa setempat, termasuk anak-anak dan manula. Namun, masjid pun ikut diterjang banjir lahar dingin dan akhirnya warga diungsikan ke dua kantong pengungsian di Kecamatan Muntilan yang jaraknya 2 kilometer dari Desa Sirahan, Kecamatan Salam.

Rochim juga menjelaskan ada juga 7 mobil terendam antara lain Suzuki Katana, Suzuki APV, Sedan Timor, Colt bak terbuka dan Carry bak terbuka. Puluhan truk penambang yang ada di bantaran Kali Putih pun juga ikut terendam.

“Puluhan sepeda motor milik warga juga masih berusaha untuk dievakuasi, sebab terjebak dan terendam oleh material banjir lahar dingin yang datang semalam,” tegas Rochim.

Fasilitas masyarakat berupa Balai Desa, Puskesmas Pembantu Kecamatan Salam dan tiga sekolahan yaitu 2 Taman Kanak-kanak (TK)dan 1 SD Negeri Sirahan II, Kecamatan Salam juga ikut terendam material lahar dingin.

“Kondisi jalan parah, saat ini sungai bentukan akibat banjir lahar dingin membelah Desa Sirahan dan mengakibatkan ribuan warga merasa was-was,” imbuh Rochim.

Saat ini, warga masih bergotong-royong membersihkan rumah mereka yang terendam oleh banjir material lahar dingin. Mereka juga mencoba untuk mengevakuasi mobil dan kendaraan bermotor serta mengambil harta benda mereka yang masih bisa diselamatkan.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi mebel, Drafter, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…