Minggu, 9 Januari 2011 09:25 WIB Internasional Share :

Pelaku penembakan anggota Kongres AS tertangkap

Washington – Pihak kepolisian telah menangkap pria yang melakukan penembakan terhadap 6 orang hingga tewas dan melukai 12 orang lainnya termasuk anggota kongres Amerika Serikat Gebrielle Giffords. Pelaku penembakan adalah seorang pria muda berusia 22 tahun.

“Kami tidak yakin dia melakukannya sendirian,” ujar kepala polisi yang menangani kasus ini, Clerence Dupnik, seperti dilansir AFP, Minggu (9/1).

Pelaku penembakan tersebut bernama Jared Lee Loughner. Dia memang memiliki rekam jejak pernah melakukan perbuatan kriminal di masa lalu. Saat ini kondisinya tidak stabil, tapi tidak gila.

Kepolisian meyakini pelaku penembakan terhadap anggota kongres wanita Amerika Serikat Gabrielle Giffords dan belasan lainnya tidak sendirian dalam melakukan aksinya. Diyakini, pelaku lebih dari satu orang.

“Ada beberapa alasan untuk meyakini bahwa pelaku datang ke lokasi tidak sendirian,” kata Clerence Dupnik.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengecam penembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal terhadap anggota kongres serta warga AS lainnya. Obama menyebut, penembakan yang terjadi di Arizona ini sebagai tragedi memilukan bagi seluruh penduduk negeri Paman Sam.

Dalam sebuah pernyataan di White House, Obama mengatakan serangan yang juga menimpa anggota kongres Gabrielle Giffords yang terjadi di luar pusat perbelanjaan di Tucson, Arizona, tersebut sebagai aksi yang “tak bisa diungkapkan dengan kata-kata”. Obama pun meminta agar segera dilakukan investigasi mendalam terhadap kasus ini.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…