foto: Thinkstock foto: Thinkstock
Sabtu, 8 Januari 2011 05:08 WIB Kesehatan Share :

Merangsang kolagen alami agar kulit sehat dan mulus

foto: Thinkstock

foto: Thinkstock

Jakarta–Punya kulit sehat dan mulus tentunya jadi impian kebanyakan wanita, hingga berbagai cara rela dilakukan. Dengan merangsang kolagen alami tubuh, orang bisa mendapatkan kulit yang sehat dan mulus. Bagaimana caranya?

Kolagen adalah protein yang digunakan tubuh untuk membentuk jaringan ikat. Molekul-molekul bergabung untuk membentuk kolagen bertahan lama, berserat menyediakan kerangka kerja bagi tulang rawan, tendon dan kulit.

Kulit yang sehat membutuhkan peremajaan kolagen. Sayangnya, usia atau paparan sinar matahari bisa merusak serat-serat kolagen sehingga kehilangan elastisitasnya.

Dilansir Livestrong, Jumat (7/1), ada beberapa cara alami untuk dapat merangsang kolagen untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, antara lain:

1. Banyak konsumsi vitamin A
Menurut University of Maryland Medical Center, memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Vitamin A merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

Makanan kaya vitamin A misalnya daging sapi, hati, telur, susu dan sayuran hijau berdaun gelap.

2. Banyak konsumsi vitamin C
Tambahkan lebih banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa studi menunjukkan makanan yang kaya vitamin C mempromosikan kulit tampak sehat, karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Perbanyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda.

3. Banyak konsumsi makanan yang mengandung AHA
Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk mencabut sel-sel kulit tua yang mungkin menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, sel-sel kulit tua dapat membuat kulit tampak tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatology di Cleveland Clinic Foundation menyimpulkan bahwa AHA membantu mengurangi munculnya keriput dan penuaan kulit.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, anggur dan jeruk, serta asam laktat yang ditemukan dalam susu semuanya mengandung AHA.

4. Minum banyak air putih
Air putih diperlukan untuk pertumbuhan kulit yang sehat. Setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat.

5. Gunakan tabir surya
Kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya matahari akan menjaga kulit sehat dan meningkatkan pertumbuhan.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…