pasukan Korsel (AFP) pasukan Korsel (AFP)
Sabtu, 8 Januari 2011 14:05 WIB Internasional Share :

Korut kembali tawarkan dialog dengan Korsel

pasukan Korsel (AFP)

Pyongyang--Pemerintah Korea Utara (Korut) hari ini menawarkan untuk melakukan dialog dengan Korea Selatan (Korsel) pada akhir Januari atau awal Februari mendatang. Tawaran Pyongyang ini merupakan sinyal konsiliasi terbaru setelah ketegangan antara kedua Korea itu memuncak belakangan ini.

“Kami secara resmi mengusulkan pembukaan awal pembicaraan dan tanpa syarat antara otoritas Utara dan Selatan,” demikian pernyataan Komite Korut untuk Reunifikasi Damai Korea seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (8/1).

“Otoritas Korsel harus membuang perasaan waswas yang tidak perlu, membuka hati mereka dan dengan positif merespons tawaran dan langkah Korut,” demikian disampaikan seperti dikutip kantor berita resmi Korut, KCNA.

Tawaran ini mengulang ajakan dialog yang disampaikan Korut pada 1 Januari lalu. Namun tawaran dialog itu telah diabaikan Korsel. Menurut pemerintah Korsel, ajakan dialog itu hanya propaganda semata dan tidak perlu ditanggapi dengan serius.

Korut hari ini juga menyatakan akan membuka kembali perwakilan di kota Kaesong dekat perbatasan. Perwakilan tersebut selama ini digunakan untuk memfasilitasi kerja sama ekonomi antar dua Korea.

Sebelumnya pemerintah Amerika Serikat dan Korsel telah menyatakan, tak akan ada pembicaraan kecuali bisa dipastikan akan adanya kemajuan dalam meredakan ketegangan dan menghentikan ambisi nuklir Korut.

Ketegangan dua Korea sempat memuncak ketika Korut melancarkan serangan artileri ke wilayah Korsel. Serangan itu menewaskan dua warga sipil dan dua marinir Korsel.

Pemerintah Korsel pada Mei 2010 lalu menghentikan hampir semua hubungan ekonomi lintas batas sebagai balasan atas tindakan Korut yang menenggelamkan kapal selam Korsel pada Maret lalu. Pemerintah Korut membantah telah menyerang kapal selam Korsel tersebut. Korut pun merespon dengan menutup perwakilannya di kota Kaesong.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…