Jumat, 7 Januari 2011 08:52 WIB News Share :

PSSI persilakan KPK kaji pengelolaan anggaran olahraga

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengkaji pengelolaan anggaran olahraga Persatuan Sepakbola Seluruh Indoesia (PSSI) dan menjadi prioritas KPK pada 2011. PSSI mempersilakan KPK untuk mengkaji pegelolaan anggarannya.

“Nggak apa-apa, silakan saja,” kata Bendahara PSSI Achsanul Qosasi kepada detikcom, Jumat (7/1).

Achsanul mengatakan penggunaan anggaran dalam setiap kegiatan PSSI tidak pernah ada masalah. “Sudah sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

Sumber dana PSSI selama ini menurut Achsanul didapat dari sponsor, FIFA dan swadaya pengurus. Namun pada 2010 lalu, PSSI mulai mendapat anggaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Sama dengan yang lain, selama ini kita defisit. Baru tahun 2010 kita surplus,” tutupnya.

Sebelumnya KPK akan mengusut anggaran dana dari APBN/APBD terkait penggunaannya untuk kegiatan yang dilakukan PSSI. KPK berharap anggaran dana tersebut bisa digunakan maksimal untuk kegiatan olahraga.

“Kami juga akan menangani mengarah pada dana bantuan yang pertanggungjawabannya tidak jelas. Terkait dana kegiatan olahraga baik dari APBN maupun APBD,” ujar Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M Jasin saat berbicang dengan wartawan di KPK, Kamis (6/1).

Jasin mengatakan, yang menjadi fokus KPK saat ini adalah penertiban agar dana besar dimanfaatkan maksimal dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Bantuan dana itu kan ratusan miliar rupiah, jadi kami harapkan bisa digunakan maksimal. Seperti di Manado, uang dana hibah tidak jelas pertanggungjawabannya jadi mengarah ke pidana korupsi,” jelasnya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…