Soloraya
Jumat, 7 Januari 2011 - 22:04 WIB

Lahan relokasi Kentingan Baru 8000 m2

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pemegang sertifikat tanah Kentingan Baru, Jebres telah menyiapkan lahan relokasi seluas 8000 meter persegi di Kampung Jatirejo, Mojosongo, Jebres.

Penjelasan itu disampaikan wakil pemegang sertifikat tanah, Priyono kepada Espos Jumat (7/1) menyikapi perkembangan positif sengketa Kentingan Baru. Lahan 8000 meter persegi terletak di lokasi berbeda dengan rincian luas 6000 meter persegi dan 2000 meter persegi. Jarak antar dua lokasi itu relatif dekat tidak sampai tiga kilometer.

Advertisement

“Karena alasan teknis saya tidak bisa sebutkan pastinya dimana lokasi itu,” tegas dia.

Priyono memperkirakan lahan 8000 meter persegi bisa digunakan untuk menampung sedikitnya 150 kepala keluarga (KK) asal Kentingan Baru. Luas lahan tiap rumah diperkirakan 40 meter persegi. Pemegang sertifikat tanah juga sedang mengkaji pembuatan taman bermain untuk anak atau ruang publik bagi warga relokasi.

Tidak sampai di situ saja, biaya pemasangan listrik dan pengadaan air bisa saja dibantu. Menurut Priyono Camat Jebres, Basuki Anggoro Hexa sebagai mediator Kentingan Baru sudah mengecek lahan relokasi.

Advertisement

Bahkan menurut Priyono Camat sudah menyetujui lahan itu digunakan untuk penghuni lahan Kentingan Baru. Sementara Camat Jebres, Basuki Anggoro Hexa mengkhawatirkan adanya spekulan tanah terkait rencana relokasi penghuni Kentingan Baru. Dengan alasan menjaga kondusivitas proses mediasi pemegang sertifikat tanah dengan penghuni lahan dia memilih tidak memberikan penjelasan detail ihwal tahapan relokasi.

Begitu juga saat disinggung tentang informasi adanya succes fee ratusan juta rupiah untuk pihak-pihak tertentu, laki-laki berkumis tebal itu memilih no comment.

Sementara salah seorang penghuni Kentingan Baru yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan adanya upaya pihak tertentu mempengaruhi penghuni lahan supaya tidak pindah.

Advertisement

Dia juga mengaku kasihan terhadap 33 KK peserta relokasi tahap I ke Ngringo, Jateng, Karanganyar. Mereka dipindah ke lahan yang hanya berjarak dua hingga lima meter dari bibir Sungai Bengawan Solo. Sedangkan yang memilih dana tali asih hanya menerima Rp 5 juta/KK.

“Saya akan terima duit saja (bukan relokasi-red) lalu beli tanah di daerah lain,” ungkap dia. Diberitakan SOLOPOS sebelumnya lahan relokasi di Jatirejo berada tidak jauh dari TPA Putri Cempo.

kur

Advertisement
Kata Kunci : Kentingan Baru Relokasi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif