News
Kamis, 6 Januari 2011 - 20:08 WIB

Pilrek UNS , Mendiknas miliki kriteria khusus

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) memiliki sembilan kriteria khusus calon rektor yang nantinya akan dipilih sebagai rektor. Sementara itu pemilihan rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah disepakati untuk dilaksanakan pada 20 Januari mendatang.

Rektor UNS, Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K), saat memberikan sambutan kegiatan Launching dan bedah buku Komunikasi Pembangunan di ruang seminar perpustakaan UNS, Kamis (6/1), menjelaskan dari sembilan kriteria tersebut, salah satunya adalah karya ilmiah yang sudah dihasilkan. Bagaimana hasil karya ilmiah itu menunjukkan tingkat prefesionalitas calon rektor yang bersangkutan.

Advertisement

Selain itu, terangnya, calon rektor juga harus tahu bagaimana cara menjalankan perguruan tinggi yang baik dan bagaimana mengembangkan perguruan tinggi, terutama terkait upaya melakukan internasionalisasi universitas. Hal ini karena perguruan tinggi di Indonesia, saat ini didorong untuk menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional.  “Semua kriteria itu akan terbaca dalam curiculum vitae dan program kerja yang telah disusun calon rektor. Berkas tersebut telah saya serahkan kepada Mendiknas Rabu (5/1) kemarin,” ungkapnya.

Berapa perolehan poin setiap kriteria dari tiga calon rektor UNS, katanya, akan menjadi pertimbangan utama, kepada siapa suara Mendiknas sebesar 35% akan diberikan. Dengan demikian dasar Mendiknas memberikan suara, bukanlah dasar subyektivitas. Tapi berdasarkan kriteria khusus yang telah ditentukan.

ewt

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Pilrek UNS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif