Soloraya
Kamis, 6 Januari 2011 - 20:57 WIB

Jatimarto canangkan bebas pupuk kimia di 2015

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Petani di Desa Jatimarto Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, menargetkan penggunaan 100% produk penyubur dan obat-obatan organik di areal pertanian setempat tahun 2015 mendatang.

Selain lebih ramah lingkungan, pertanian organik menghasilkan produk dengan kualitas lebih baik. Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Jatimarto, Mubandi, menyebutkan saat ini petani di desanya sudah mulai meninggalkan baham kimia dan menggantinya dengan produk organik. Hal itu di antaranya dibuktikan tingkat penyerapan pupuk kimia yang jauh berkurang. Untuk urea, kata dia, penyerapan oleh petani tercatat hanya mencapai sekitar 70% dari alokasi yang disediakan.

Advertisement

“Sekarang sedang berjalan dan hampir 50% kebutuhan penyubur dan obat dialihkan ke produk organik. Diharapkan tahun 2015 Desa Jatimarto sudah terbebas dari penggunaan pupuk atau obat-obatan kimia,” ungkap Mubandi yang juga Kepala Urusan (Kaur) Ekonomi dan Pembangunan Desa Jatimarto, ditemui Espos di kantor desa setempat, Kamis (6/1).

Mubandi menjelaskan, areal pertanian di desanya seluas 109 hektare. Meliputi lahan basah atau persawahan seluas 64,5 hektare dan lahan kering 45,2 hektare. Menurutnya, selain kesadaran petani yang sudah cukup baik, program pertanian organik di Desa Jatimarto didukung ketersediaan bahan baku yang cukup melimpah.

try

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jatimarto
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif