(Foto: thinkstock) (Foto: thinkstock)
Kamis, 6 Januari 2011 16:07 WIB Kesehatan Share :

Hal-hal yang membuyarkan konsentrasi

(Foto: thinkstock)Jakarta–Saat sedang bekerja atau melakukan sesuatu kadang dibutuhkan konsentrasi penuh. Namun tanpa disadari ada hal-hal disekitar yang justru berperan sebagai perusak atau pembunuh konsentrasi.

Seperti dikutip dari WebMD, Kamis (6/1) salah satu gangguan seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) memang bisa membuat seseorang sulit berkonsentrasi. Tapi ada hal-hal tertentu di sekitar yang bisa mengganggu atau membuyarkan konsentrasi, yaitu:

1. Lapar
Lapar akan membuat otak tidak mendapatkan bahan bakar yang cukup sehingga membuat seseorang sulit konsentrasi, bahkan menjadi pembunuh utama konsentrasi. Berikanlah otak sumber bahan bakar yang cukup dengan cara selalu mengonsumsi sarapan, mengonsumsi makanan yang kaya protein, menghindari karbohidrat sederhana tapi pilihlah karbohidrat kompleks.

2. Sosial media
Psikolog Lucy Jo Palladino, PhD menuturkan sosial media membuat seseorang sangat mudah terhubung dengan teman-teman dan lepas dari pekerjaan. Saat ini marak sekali penggunaan sosial media seperti Facebook atau Twitter yang membuat seseorang menunda pekerjaannya. Untuk itu hindari masuk ke situs sosial media saat bekerja atau carilah tempat yang tidak ada akses internet, dan jika terpaksa harus membukanya lakukanlah selama waktu istirahat.

3. Telepon seluler
Terkadang dering telepon bisa merusak konsentrasi seseorang saat bekerja dan menerima telepon untuk sesuatu yang tidak penting hanya akan menghabiskan waktu saja. Untuk itu gunakan ID panggilan, jika diketahui panggilan tersebut tidak mendesak maka biarkan saja masuk ke dalam kotak suara dan tidak perlu mengangkatnya.

Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus (multitasking)
Penelitian menunjukkan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding dikerjakan satu per satu, karena perhatian atau fokus yang diberikan terbagi-bagi. Meskipun ada beberapa orang yang memang bisa melakukannya dengan baik. Untuk itu berilah prioritas pekerjaan yang akan dilakukan, lalu kerjakan tugas satu per satu berdasarkan prioritas yang dibuat.

4. Bosan dan lelah
Kebosanan yang dialami bisa membuat seseorang rentan terhadap gangguan sehingga membuyarkan konsentrasi. Untuk mengatasinya ambilah waktu istirahat 10 menit setelah melakukan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu, misalnya dengan berjalan-jalan ke luar atau mendengarkan radio. Sedangkan kelelahan akibat kurang tidur atau terlalu banyak aktivitas bisa mengganggu konsentrasi dan memori jangka pendek.

5. Stres
Ketika seseorang memiliki terlalu banyak pikiran atau stres akan membuatnya sulit berkonsentrasi pada tugas yang dilakukan, karena hormon yang dikeluarkan saat stres bisa menghambat kerja otak. Selain itu stres juga memicu sakit kepala, sakit pada punggung dan bahu serta detak jantung yang cepat. Untuk itu pelajari teknik mengurangi stres seperti meditasi, sehingga bisa kembali fokus dan konsentrasi terhadap pekerjaan.

6. Pengaruh obat
Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati depresi atau obat lainnya bisa mengganggu konsentrasi. Jika konsentarsi sering buyar atau terganggu sejak mengonsumsi satu obat, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…