Kamis, 6 Januari 2011 09:50 WIB Ekonomi Share :

Angka pengangguran 'segarkan' Wall Street

New York–Penciptaan lapangan kerja baru yang lebih besar langsung mengubah arah bursa Wall Street ke teritori positif. Investor semakin meyakini proses pemulihan ekonomi semakin berjalan baik.

Pada perdagangan Rabu (5/1), indeks Dow Jones industrial average menguat 31,71 poin (0,27%) ke level 11.722,89. Indeks Standard & Poor’s 500 juga menguat 6,36 poin (0,50%) ke level 1.276,56 dan Nasdaq menguat 20,95 poin (0,78%) ke level 2.702,20.

Jumlah tenaga kerja swasta bertambah 297.000 selama Desember. Laporand ari ADP Employer Services itu menunjukkan angka 3 kali lipat dari proyeksi ekonom dan lonjakan besar untuk angka ADP .

“Perekonomian secara jelas meningkat. Sulit untuk membuat kasus di pasar agar melemah dalam 6 bulan pertama tahun ini,” ujar Edward Hemmelgarn, presiden Shaker Investment seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/1).

Saham-saham sektor finansial memimpin kenaikan, terutama dari Capital One Finance Corp yang melonjak hingga 4,2%, dengan indeks konsumer finansial S&P, GSPCFI naik hingga 2,8%.

Data lain juga memicu kenaikan saham-saham sektor perumahan, dengan indeks perumahan PHLX menguat hingga 1,8%. Saham pengembang DR Horton naik hingga 3,2%.

Namun saham-saham sektor komoditas masih melanjutkan pelemahannya. Saham sektor materiam, termasul Alcoa Inc tercata hanya naik 0,2%,

“Melanjutkan penurunan komoditas kemarin, investor hanya mengambil sedikit bagian hari ini, tidak yakin jika masih ada koreksi lanjutan di pasar,” ujar Michael Sheldon, chief market strategist dari RDM Financial.

Volume perdagangan cukup semarak, dengan transaksi di New York Stock Exchange mencapai 8,21 miliar lembar saham, sedikit di bawah rata-rata tahun lalu yang mencapai 8,47 miliar lembar saham.

dtc/tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.MICROVISION INDONESIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…