News
Rabu, 5 Januari 2011 - 09:45 WIB

Kasus kematian burung merambah ke Lousiana

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto: Arkansas-demokcratgazete

Foto: Arkansas-demokcratgazete

Advertisement

Lousiana–Setelah Arkansas, kasus ratusan burung juga mati secara misterius di Lousiana, Amerika Serikat. Sedikitnya ada 500 burung yang ditemukan mati tanpa sebab yang jelas.

Dilansir AFP Selasa (4/1), kejadian ini ditemukan di wilayah Pointe Coupee Parish. Kepala Departemen Alam Liar dan Perikanan Lousiana, Olivia Watkins mengatakan, penyelidikan terus dilakukan soal penyebab kematian hewan-hewan malang tersebut. “Kami mengirim sampel ke laboratorium di Missouri dan kami masih menunggu hasilnya, ujar Watkins, Selasa.

Sebelumnya, ribuan burung tiba-tiba jatuh dari langit dan mati di sebuah kota kecil di Arkansas, Amerika Serikat (AS). Penyelidikan untuk memastikan penyebab kematian insiden itu masih berlangsung. Namun menurut para ilmuwan, burung-burung tersebut berjatuhan karena takut akan pesta kembang api.

Advertisement

Sekitar 3.000 ekor burung hitam mendadak berjatuhan dari langit dan mati di Kota Beebe menjelang Tahun Baru, 1 Januari lalu.

Menurut para ilmuwan, kembang api tampaknya telah membuat takut burung-burung tersebut sehingga mereka panik beterbangan tak tentu arah. Akibatnya, burung-burung itu menabrak rumah-rumah, pohon mobil dan bahkan saling bertabrakan satu sama lain.

“Burung-burung hitam memiliki penglihatan yang buruk, dan mereka mulai menabrak benda-benda,” kata ahli ilmu burung (ornithologist) di Arkansas, Karen Rowe seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa.

Advertisement

Namun dia tidak menyebutkan misteri kematian burung-burung tersebut telah terpecahkan. Sebab masih akan dilakukan pengujian laboratorium untuk memeriksa bangkai-bangkai burung guna memastikan ada tidaknya racun atau penyakit.

Pekan lalu juga, sekitar 100.000 ekor ikan ditemukan mengapung mati di perairan dan berserakan di sepanjang tepi Sungai Arkansas, antara Kota Ozark dan Clarksville, sekitar 160 kilometer sebelah barat Beebe.

Menurut para pakar satwa liar, kematian ikan-ikan tersebut tidak terkait dengan kematian burung-burung di Kota Beebe. Kemungkinan ikan-ikan tersebut mati karena penyakit sebab ikan-ikan yang ditemukan mati itu masuk dalam satu jenis spesies.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Burung
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif