Rabu, 5 Januari 2011 10:21 WIB News Share :

Bawa dokumen IMF, Kwik Kian Gie tiba di Kejagung

Jakarta–Mantan Menteri Ekonomi dan Industri (Menko Ekuin) Kwik Kian Gie akhirnya memenuhi panggilan Kejagung terkait kasus Sisminbakum yang menjerat Yusril Ihza Mahendra. Kwik pun membawa sejumlah dokumen dalam pemeriksaannya.

Kwik tiba di Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta, Rabu (5/1/2011)  pukul 09.44 WIB. Kwik yang mengenakan kemeja biru muda dan celana hitam itu turun dari mobil Toyota Alphard silver dengan nomor polisi B 1131 ZJ.

Saat turun dari mobilnya, Kwik langsung dikerumuni para wartawan. Kwik mengaku masih belum mengetahui keterangan apa yang akan disampaikannya dalam pemeriksaan nanti. “Belum tahu. Belum ditanya, apa yang mau dijawab. Tergantung pertanyaannya,” ujar Kwik.

Kwik juga membawa map plastik berwarna biru. Menurut Kwik isi map tersebut adalah dokumen mengenai IMF. Namun Kwik tak menjelaskan secara detil apa hubungan dokumen IMF tersebut dengan pemeriksaan kasus Sisminbakum.

Sebelumnya, selain Kwik, mantan Menko Kesra Jusuf Kalla juga dipanggil sebagai saksi meringankan Yusril. Keduanya pun dijadwalkan akan diperiksa pukul 10.00 WIB. Namun JK sendiri masih belum tampak di Kejagung.

Yusril sempat mengajukan empat nama saksi untuk meringankannya. Selain Kwik dan JK ada nama SBY dan Megawati. Namun Kejagung hanya menggolkan pengajuan Yusril atas saksi JK dan Kwik. Sedangkan SBY dan Mega dinilai tidak ada kaitannya dengan kasus ini.

dtc/tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…