Selasa, 4 Januari 2011 00:43 WIB Wonogiri Share :

Sendang desak bagi hasil pengelolaan WGM

Wonogiri (Espos)--Pemerintah Desa Sendang (Pemdes) Kecamatan Wonogiri Kota mendesak bagi hasil pengelolaan Waduk Gajah Mungkur (WGM) dengan desa.

Pasalnya meski berada di desa setempat, sejauh ini tidak ada kontribusi finansial dari objek wisata tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sendang, Sriyatni, menyatakan masyarakat di desanya sejak lama berharap ikut mendapat bagian dari hasil pengelolaan waduk.

Namun selama ini hal itu terganjal peraturan, sehingga seluruh pendapatan dari pengelolaan objek WGM langsung masuk ke Pemkab Wonogiri.

“Efek ke warga desa memang ada. Tapi sebatas memberi kesempatan kepada masyarakat kami untuk sekedar numpang cari makan. Lainnya tidak. Termasuk retribusi penginapan atau hotel, desa juga tidak mendapat bagian apa-apa karena sudah ditarik oleh instansi terkait,” ungkapnya ketika ditemui Espos di ruang kerjanya di Kantor Desa Sendang, Senin (3/1) siang.

Sriyatni mengatakan keberadaan dana bagi hasil pengelolaan WGM akan sangat menunjang upaya pembangunan wilayah di desa setempat. Saat ini, lanjutnya, masyarakat di Sendang juga menunggu realisasi program Pemkab di bawah Bupati Danar Rahmanto yang mewacanakan konsep desa wisata.

try

YAYASAN INTERNUSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…