News
Selasa, 4 Januari 2011 - 10:36 WIB

Lambang kerajaan ditemukan di lokasi penemuan situs Majapahit

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lambang Kerajaan Majapahit (Dok.Solopos.com)

Ist

Advertisement

Mojokerto–Sebuah guratan yang diduga lambang Kerajaan Majapahit ditemukan warga dari lokasi penemuan situs Majapahit di Desa/Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Guratan di atas batu bata ini diyakini sebagai ‘Pataka Surya Majapahit’ berbentuk bintang sudut delapan.

Lambang kebesaran Majapahit tersebut ditemukan di sebelah barat lokasi penemuan situs. Lambang tersebut tergurat di atas pondasi yang terbuat dari batu bata berukuran 30 X 30 cm.

“Lambang Kerajaan Majapahit ini kita temukan dari lokasi Senin malam,” kata Ki Wiro Kadek, Pengasuh Paguyuban Pondok Tlasih 87, Selasa (4/1).

Advertisement

Penggalian yang dilakukan warga ini menurut Ki Kadek, karena warga dan pemilik tanah Suprapto, penasaran dengan temuan mereka yang hingga saat ini belum juga dilakukan penggalian oleh pihak Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur.

Selain menemukan lambang kerajaan, warga juga kembali menemukan pondasi berbentuk leter C serta sebuah sumur sebagai simbol winggoyoni kesuburan. “Temuan-temuan ini kita dapat setelah kita lakukan meditasi. Dalam meditasi itu kita lihat ada lambang kerajaan di lokasi. ya langsung saja kita gali,” ujar Ki Wiro Kadek, yang juga sesepuh Desa Sumber Girang.

Diberitakan sebelumnya. sebuah situs yang diduga sebagai bekas bangunan petinggi Kerajaan Majapahit ditemukan warga di lahan persawahan milik Suprapto, warga Desa/Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Minggu (2/1).

Advertisement

Di lahan persawahan seluas 25 x 20 meter itu, warga menemukan bekas pondasi bangunan yang terbuat dari batu bata berukuran 35x22x5cm. Selain menemukan bekas pondasi, warga juga menemukan pecahan-pecahan keramik yang bermotif.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Lambang Kerajaan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif