Selasa, 4 Januari 2011 12:24 WIB News Share :

Fenomena halo terlihat jelas di langit Jogja

Jogja–Pelangi yang mengelilingi matahari terlihat jelas siang ini di langit Jogja. Fenomena Halo pun disaksikan beberapa warga Jogja yang langsung keluar dari rumah mereka.

Pantauan di jalan Pacar Baciro Yogya, Selasa (4/1) sekitar pukul 11.15 WIB, udara dan langit di Yogya terlihat cerah. Lingkaran pelangi berdiameter raksasa terlihat indah melingkari titik putih matahari.

Coba metu, srengengene apik (coba keluar mataharinya bagus),” ujar seorang ibu yang tinggal di Jogya kepada beberapa tetangga.

Oh niku Halo bu jenenge (oh, itu Halo bu namanya),” ucap tetangga lain.

Halo merupakan fenomena alam biasa berupa cahaya yang mengelilingi matahari. Kejadian ini merupakan hasil pembelokan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer. Namun awas, jangan mencoba melihatnya langsung dengan mata telanjang.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….