Senin, 3 Januari 2011 22:25 WIB Klaten Share :

Terkait reklamasi, 12 pengusaha di-warning

Klaten (Espos)–Sebanyak 12 pengusaha yang mengantongi surat izin pertambangan daerah (SIPD) di kawasan Kecamatan Kemalang, Klaten mendapatkan warning dari Pemkab Klaten.

Pasalnya, pengusaha tambang galian C tersebut tak kunjung melakukan reklamasi atau pengembalian kondisi alam ke semula di saat masa berlaku SIPD mereka akan berakhir.

“Sebagian sudah kami minta setor uang sebagai jaminan senilai Rp 40 juta/ hektare. Kalau tak begitu, mereka bisa kabur,” kata Kabag Perekomomian Setda Klaten, Sri Sumanta, Senin (3/1).

Sumanta yang juga Sekreteris Tim Penertiban Penambangan Bahan Galian C (P2MBGC) menegaskan, setidaknya kini sudah ada empat pengusaha tambang galian C yang telah ditarik uang jaminan reklamasi.

Jika selama tiga hingga empat bulan ke depan, tegasnya, lokasi tambang galian C tak kunjung dikembalikan, maka risikonya uang jaminan akan diambil daerah. “Ini sudah menjadi konsekuensi logis,” paparnya.

asa

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…