Soloraya
Senin, 3 Januari 2011 - 23:35 WIB

Pedagang buah minta difasilitasi

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Sejumlah pedagang buah di Pasar Buah Asri yang berada di sepanjang sisi selatan ruas Jl Lawu, Papahan, Karanganyar, meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) membangun tempat berdagang permanen agar lebih rapi.

Selama ini para pedagang buah hanya menempati tenda bongkar pasang di sebelah selatan trotoar dengan penataan yang kurang teratur.

Advertisement

Pedagang secara acak memilih sendiri lokasi pendirian tenda. Padahal, mereka menilai Pasar Buah Asri yang berdiri kurang lebih tujuh tahun itu dianggap sebagai salah satu ikon Karanganyar.

Pasalnya, pasar buah tersebut merupakan satu-satunya pasar buah yang ada di Karanganyar Kota.

Salah seorang pedagang, Kasno, 29, saat ditemui Espos di lokasi, Senin (3/1), mengatakan sejak terbentuknya pasar itu ia hanya menempati sepetak lahan kecil dengan beralas tanah.

Advertisement

Keadaan itu diperparah apabila datang hujan. Dapat dipastikan lokasi berdagangnya becek dan tergenang air. Selain itu, ia juga tidak diperbolehkan untuk membangun kios secara permanen. Sehingga, lanjutnya, setiap hari ia harus membongkar dan memuat dagangan.

Ia menilai hal itu sangat merepotkan semua pedagang. Ia berharap Pemkab ikut memikirkan nasib semua pedagang.

“Pasar buah ini sudah sangat dikenal masyarakat dan sudah menjadi identitas Karangayar Kota. Tidak ada salahnya Pemkab membangun lokasi berdagang secara khusus seperti kota lain yang terlihat lebih rapi dan berwibawa,” ulasnya.

Advertisement

Menurut Ketua Paguyuban Pasar Buah Asri, Wagiman, aspirasi para pedagang sudah disampaikan kepada dinas terkait baik secara lisan dan tertulis.

Pedagang meminta tempat khusus secara permanen agar tidak bongkar pasang lagi dan diperbolehkan berdagang lebih lama. Selama ini pedagang hanya diperbolehkan berdagang pagi hingga petang saja.

Namun, ia mengaku belum menerima tanggapan dari otoritas yang berwenang.

m93

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif