News
Senin, 3 Januari 2011 - 21:39 WIB

Laporan keuangan UNS peroleh opini WTP

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Laporan keuangan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun 2009 mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Opini tersebut merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas pemeriksaan laporan keuangan.

Advertisement

Rektor UNS, Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K), saat jumpa pers di ruang sidang rektor UNS, Senin (3/1), menjelaskan opini WTP menyatakan bahwa laporan keuangan telah disajikan dan diungkapkan secara wajar dalam semua hal yang material dan informasi keuangan dalam laporan keuangan dapat digunakan oleh para pengguna laporan keuangan.

“Opini WTP merupakan posisi penilaian terbaik sebuah laporan keuangan. Di bawahnya ada opini wajar dengan pengecualian, opini tidak wajar dan pernyataan menolak memberikan opini atau tidak memberikan pendapat,” jelasnya.

Sejak UNS ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) oleh Kementerian Pendidikan Nasional, pada 27 Februari 2009, UNS harus menata ulang sistem manajemen akademik dan bidang kerja lainnya yang berujung pada sistem pengelolaan keuangan BLU.

Advertisement

Laporan keuangan BLU, ujarnya, harus diperiksa oleh pemeriksa ekstern yang sesuai dengan UU Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Keuangan, yaitu oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau kantor akuntan publik yang ditunjuk/direkomendasikan oleh BPK.

Bagi UNS, BPK menunjuk kantor akuntan publik Widdie Andriyanti & Rekan untuk memeriksa laporan keuangan.

ewt

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Laporan Keuangan UNS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif