Senin, 3 Januari 2011 06:02 WIB Boyolali Share :

Jalur pendakian Merapi ditutup, omzet pedagang turun

Boyolali (Espos)--Sejumlah pedagang di kawasan Selo mengaku mengalami penurunan omzet penjualan, menyusul ditutupnya jalur pendakian ke Merapi pada malam Tahun Baru, Jumat (31/12).

Salah seorang warga Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Selo Purwongatun mengatakan biasanya para pedagang memperoleh untung dari adanya kegiatan pendakian saat momentum pergantian tahun.

“Namun saat ini keuntungan mengalami penurunan hampir 50 persen dari biasanya, karena ditutupnya jalur pendakian Merapi,” ujarnya kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Menurut Purwongatun, jika jalur pendakian dibuka, biasanya para pedagang yang ada di kawasan New Selo membuka seluruh kiosnya. Namun, saat Tahun Baru lalu, hanya sekitar dua pedagang yang membuka.

“Meski New Selo akhirnya jadi base camp bagi para pendaki yang gagal naik ke Merapi, namun pendapatan pedagang masih saja mengalami penurunan,” tandas dia.

Senada, pedagang makanan di New Selo, Sri mengaku dengan penutupan jalur pendakian itu membuat para pedagang tidak banyak mendapatkan keuntungan.

Diakui Purwongatun, dengan adanya pembukaan jalur pendakian itu, selain para pedagang, para warga di sekitar kawasan New Selo juga kecipratan keuntungan.

Hal itu dikarenakan banyak warga yang membuka penginapan bagi para pendaki, maupun penitipan sepeda motor dan mobil milik para pendaki sebelum naik ke puncak Merapi.

Purwongatun menambahkan selain kehilangan pendapatan akibat penutupan itu, pemerintah juga kehilangan pendapatan dari tidak ditariknya retribusi pendakian yang besarnya Rp 1.500 per orang.

“Padahal jika ada momentum peringatan seperti Tahun Baru itu, ada lebih dari 1.000 orang pendaki yang hendak naik ke Merapi,” papar dia.

fid

lowongan pekerjaan
HUMAN RESOURCE DEPARTMENT MANAGER, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…