News
Senin, 3 Januari 2011 - 10:15 WIB

Gempa 7,1 SR guncang Chili

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Santiago–Gempa besar mengguncang Chili. Gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) itu menimbulkan kepanikan ribuan warga yang berlari meninggalkan rumah mereka karena khawatir akan tsunami. Namun gempa tersebut tidak menimbulkan korban maupun kerusakan.

“Hingga saat ini kami tidak menerima laporan luka-luka, tak ada kerusakan, hanya saluran telepon yang sangat sibuk dan terputusnya aliran listrik di sejumlah tempat,” kata Direktur Kantor Emergensi Chili (Onemi), Vicente Nunez.

Advertisement

“Kami terus memonitor situasi,” ujar Nunez seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (3/1).

Dikatakannya, gempa tersebut diyakini tidak akan menimbulkan tsunami di sepanjang garis pantai Pasifik. Karenanya penduduk di kawasan pantai yang pergi mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi, telah diimbau untuk kembali ke rumah mereka.

“Kami telah memberitahu warga untuk kembali ke rumah mereka karena tak ada peringatan tsunami,” tandas Nunez.

Advertisement

Gempa tersebut mengguncang Kota Tirua, hampir 70 kilometer barat daya Temuco pada Minggu (2/1) sekitar pukul 17.21 waktu setempat. Gempa itu berkedalaman sekitar 17 kilometer.

Pada Februari lalu, gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter menimbulkan gelombang tsunami dahsyat di Chili. Akibatnya, lebih dari 500 orang tewas. Banyak infrastruktur di negara Amerika Selatan itu hancur.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Chili
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif