Senin, 3 Januari 2011 16:26 WIB News Share :

Enam daerah peroleh bantuan mobil perpustakaan keliling

Semarang–Enam kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) memperoleh bantuan mobil perpustakaan keliling dari kantor Perpustakaan Nasional.

Bantuan mobil perpustaan keliling yang diterima melalui Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Bibit Waluyo, diserahkan secara langsung kepada enam bupati/ wali kota, di Semarang, Senin (3/1).

Keenam daerah yang memperoleh bantuan perpustakaan keliling tersebut yakni Kabupaten Demak, Boyolali, Temanggung, Pati, Kota Salatiga serta Tegal.

Menurut Bibit, keenam unit mobil perpustakaan keliling ini merupakan bagian dari alokasi bantuan pemerintah pusat untuk tahun 2010.

“Untuk daerah yang belum mendapat bantuan, diharapkan pada waktu yang tidak terlalu lama akan segera memperoleh,” kata dia.

Dengan demikian, lanjut dia, seluruh daerah di Jateng sudah akan dilengkapi dengan mobil perpustakaan keliling.

Ia menuturkan, kendaraan keliling ini akan berperan penting dalam upaya pencerdasan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan bahan bacaan.

“Daya gunakan perpustakaan keliling ini untuk meningkatkan budaya gemar membaca di masyarakat, sehingga mampu membebaskan provinsi ini dari buta aksara,” lanjutnya.

Namun, imbuh dia, hal yang tidak kalah penting dalam merealisasikan kondisi tersebut, yakni upaya memromosikan perpustakaan keliling, khususnya kepada anak-anak, agar tertarik dan memanfaatkannya.

“Selain itu, perpustakaan keliling ini juga harus dilengkapi dengan sarana belajar lainnya, seperti komputer, permainan kreatif, dan sebagainya,” jelasnya.

ant/nad

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…