Minggu, 2 Januari 2011 23:59 WIB Sukoharjo Share :

Puskesmas Weru sering rujuk pasien

Sukoharjo (Espos)–Puskemas Weru, Sukoharjo, terpaksa sering merujuk pasien ke rumah sakit karena daya tampung yang tidak mencukupi.

Berada di daerah perbatasan, banyak dari pengunjung Puskesmas setempat berasal dari luar wilayah.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Tata Usaha Puskemas Weru, Achmadi, menyebutkan pada musim-musim tertentu jumlah pasien rawat inap mengalami lonjakan signifikan.

Menurutnya, selain warga satu kecamatan, Puskesmas Weru menjadi tujuan layanan kesehatan sebagian masyarakat di Bulu. Selain itu dari Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta, Cawas di Klaten dan dari Manyaran, Wonogiri.

“Kalau memang penuh dan situasinya tidak memungkinkan, biasanya pasien akan dirujuk ke rumah sakit. Hal itu dilakukan setelah diberikan pertolongan pertama terlebih dulu seperlunya,” ujarnya ditemui Espos di sela-sela kesibukannya di Kantor Puskesmas Kecamatan
Weru, pekan lalu.

Achmadi menyebutkan jumlah bed untuk perawatan di Puskemas Weru sebanyak 25 buah. Selain keterbatasan daya tampung, dia menyatakan pihaknya mengalami kekurangan tenaga atau sumber daya manusia (SDM).

Untuk mengatasi persoalan tersebut, jelasnya, Puskemas Weru mengajukan tambahan tenaga hampir setiap tahun, tidak terkecuali pada tahun 2010 yang baru saja berlalu.

try

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….