Soloraya
Minggu, 2 Januari 2011 - 23:59 WIB

Puskesmas Weru sering rujuk pasien

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Puskemas Weru, Sukoharjo, terpaksa sering merujuk pasien ke rumah sakit karena daya tampung yang tidak mencukupi.

Berada di daerah perbatasan, banyak dari pengunjung Puskesmas setempat berasal dari luar wilayah.

Advertisement

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Tata Usaha Puskemas Weru, Achmadi, menyebutkan pada musim-musim tertentu jumlah pasien rawat inap mengalami lonjakan signifikan.

Menurutnya, selain warga satu kecamatan, Puskesmas Weru menjadi tujuan layanan kesehatan sebagian masyarakat di Bulu. Selain itu dari Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta, Cawas di Klaten dan dari Manyaran, Wonogiri.

“Kalau memang penuh dan situasinya tidak memungkinkan, biasanya pasien akan dirujuk ke rumah sakit. Hal itu dilakukan setelah diberikan pertolongan pertama terlebih dulu seperlunya,” ujarnya ditemui Espos di sela-sela kesibukannya di Kantor Puskesmas Kecamatan
Weru, pekan lalu.

Advertisement

Achmadi menyebutkan jumlah bed untuk perawatan di Puskemas Weru sebanyak 25 buah. Selain keterbatasan daya tampung, dia menyatakan pihaknya mengalami kekurangan tenaga atau sumber daya manusia (SDM).

Untuk mengatasi persoalan tersebut, jelasnya, Puskemas Weru mengajukan tambahan tenaga hampir setiap tahun, tidak terkecuali pada tahun 2010 yang baru saja berlalu.

try

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif