Minggu, 2 Januari 2011 12:23 WIB Sukoharjo Share :

Pemdes Gentan adakan pengambilan gambar keris massal

Sukoharjo (Espos)--Pemerintah Desa Gentan bekerjasama dengan Komunitas Foto Sukoharjo dan Pamungkas Pamor Art bakal mengadakan pengambilan gambar keris secara massal di Dukuh Gentan, Desa Gentan, Bulu, Sukoharjo, Rabu (5/1), pukul 09.00 WIB.

Acara yang mengusung tema Desa Gentan Berbasis Rakyat menuju Kenali Cinta Negeri tersebut akan melibatkan seluruh warga di desa setempat.

Sebelumnya, acara tersebut telah digelar selama dua hari pada pekan lalu. Antusiasme warga untuk mengumpulkan keris dan tombak sebagai peninggalan budaya tersebut cukup tinggi.

“Waktu diselenggaran di Kadus I dan Kadus III bisa sampai ratusan keris yang dikumpulkan. Acara ini sebagai upaya mengangkat budaya Jawa sekaligus memberikan pengenalan kepada warga tentang sejarah dan filosofi pada bagian-bagian keris itu sendiri agar lebih dihargai dan dicintai masyarakat,” tandas Kepala Desa Gentan, Dwi Cahyono kepada Espos, Sabtu (1/1).

Soalnya, kata Dwi, selama ini sebagian masyarakat hanya menganggap keris sebagai benda yang dilihat secara magis atau mistik saja

hkt

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…