Soloraya
Minggu, 2 Januari 2011 - 12:23 WIB

Pemdes Gentan adakan pengambilan gambar keris massal

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Pemerintah Desa Gentan bekerjasama dengan Komunitas Foto Sukoharjo dan Pamungkas Pamor Art bakal mengadakan pengambilan gambar keris secara massal di Dukuh Gentan, Desa Gentan, Bulu, Sukoharjo, Rabu (5/1), pukul 09.00 WIB.

Acara yang mengusung tema Desa Gentan Berbasis Rakyat menuju Kenali Cinta Negeri tersebut akan melibatkan seluruh warga di desa setempat.

Advertisement

Sebelumnya, acara tersebut telah digelar selama dua hari pada pekan lalu. Antusiasme warga untuk mengumpulkan keris dan tombak sebagai peninggalan budaya tersebut cukup tinggi.

“Waktu diselenggaran di Kadus I dan Kadus III bisa sampai ratusan keris yang dikumpulkan. Acara ini sebagai upaya mengangkat budaya Jawa sekaligus memberikan pengenalan kepada warga tentang sejarah dan filosofi pada bagian-bagian keris itu sendiri agar lebih dihargai dan dicintai masyarakat,” tandas Kepala Desa Gentan, Dwi Cahyono kepada Espos, Sabtu (1/1).

Soalnya, kata Dwi, selama ini sebagian masyarakat hanya menganggap keris sebagai benda yang dilihat secara magis atau mistik saja

Advertisement

hkt

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif