Pembunuhan remaja Mojosongo bermotif dendam

Solo (Espos)--Andi Wibowo, 15, warga Jalan Harjuno nomor 31, RT 4/RW VII, Perum Solo Elok, Mojosongo tewas setelah dianiaya temannya sendiri di kompleks Makam Untoroloyo, Jebres, Minggu (2/1). Pelajar tingkat menengah tersebut dipastikan tewas setelah mendapatkan 17 tusukan di bagian tubuhnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Espos di lapangann, kali pertama jasad korban ditemukan oleh penjaga makam, yakni Juwok, 50, sekitar pukul 05.30 WIB. Saat berencana membersihkan makam, saksi melihat sesosok mayat laki-laki terlentang di kompleks permakaman. Mengaku kaget, dirinya langsung berteriak meminta tolong kepada warga sekitar. Dalam sekejap, penemuan mayat tersebut langsung menggemparkan waga di sekitar makam. Selanjutnya, warga melaporkan kejadian itu ke aparat kepolisian.

Setelah mendapatkan laporan masyarakat, jajaran Polresta Solo langsung merapat ke lokasi kejadian guna melakukan olah TKP. Pada saat yang bersamaan, Kasatreskrim, Kompol Edhei Sulistyo atas petunjuk Kapolresta Solo, Kombes Pol Nana Sudjana langsung membentuk dua tim yang ditugasi melacak pelaku pembunuhan. Terdapat dua tim yang dipimpin oleh AKP Sutoyo dan AKP Suwanto. Tim tersebut langsung bekerja sejak pukul 10.00 WIB.

Menjelang siang hari, tim tersebut sudah mengantongi dua nama yang patut diduga sebagai pelaku pembunuhan, yakni Rk, 16, dan Rn, 16. Kedua orang yang diduga sebagai pelaku tersebut didapatkan setelah dilakukan tahap pengembangan. Hingga akhirnya, sekitar 6 jam-7 jam, kedua pelaku tersebut dapat ditangkap oleh polisi di rumahnya di kawasan Jebres.

“Awalnya, memang tidak mengaku. Tapi, setelah kami cek dengan alat bukti yang ada serta keterangan para saksi, untuk Rk sudah tidak dapat mengelak lagi dan mengakuinya. Sedangkan, Rn masih kami dalami lagi,” tegas Kasatreskrim, Kompol Edhei Sulistyo mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Nana Sudjana saat ditemui wartawan di Mapolresta Solo, Minggu (2/1).

Dia mengatakan, motif utama yang dilakukan Rk membunuh korban, murni balas dendam dan sakit hati. Aksi pembunuhan tersebut bermula saat, Rk, Rn, dan korban saling bertemu di kompleks makam Untoroloyo. Saat itu, Rn berperan sebagai penghubung bertemunya Rk dan korban. Di tempat tersebut, Rk yang sudah emosi langsung menyerang korban dengan menggunakan pisau dapur.

Rk yang sudah menyiapkan penyerangan langsung menusukkan pisau dapur sepanjang 5 cm ke arah korban. Alhasil, korban mengalami luka tusukan sebanyak 17 kali. Sebagian besar, tusukan itu diarahkan ke leher korban.

“Dari berbagai tusukan itu ada yang memotong atau merobek pembuluh balik korban. Sehingga, menyebabkan pendarahan cukup hebat. Inilah yang menyebabkan, korban langsung tewas di tempat,” kata dia.

Menurutnya, guna kepentingan penyidikan, baik Rk dan Rn masih menjalani pemeriksaan secara maraton di Mapolresta Solo hingga petang hari. Saat menangkap kedua pelaku, pihaknya juga menyita barang bukti (BB) berupa sepeda motor Zupiter ber-Nopol L 6390 AH, pisau dapur yang ditemukan di taman RS dr Oen Solo, sebuah HP, masker warna hitam milik Rk, gagang pisau, dan sandal jepit milik korban.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, khususnya Rk akan dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 340 dan 338 KUHP tentang Pembunuhan.

“Perlu diketahui juga, di antara mereka bertiga sebenarnya terhitung masih memiliki hubungan teman. Untuk korban dan Rn adalah  teman satu kelas di SMA Widya Wacana. Sedangkan, Rk sekolah di SMK N 2 Solo,” jelas dia.

Menurut ayah korban, Wuso Agus Wibowo, 36, dalam kesehariannya anaknya dikenal sebagai pribadi pendiam dan tidak neko-neko. Dalam bergaul, dirinya juga tidak melihat putera kesayangannya tersebut memiliki musuh.

“Orangnya baik. Sudah dulu ya. Nanti saja. Saya masih belum bisa memberikan keterangan hari ini,” jelasnya saat berada di Mapolresta Solo.

Berdasarkan data yang dihimpun Espos, sejak Sabtu (1/1) pukul 09.00 WIB, pihak keluarga korban sudah kehilangan kontak dengan Andi Wibowo. Sebelumnnya, pihak keluarga mengetahui kalau korban pergi ke daerah Debegan, Mojosongo. Diduga, pembunuhan tersebut dilakukan tersangka Sabtu (1/1) pukul 23.30 WIB hingga Minggu (2/1) pukul 03.30 WIB.

Beredar kabar, sesaat setelah membunuh korban, RK yang tangannya juga mengalami luka sempat pergi berobat ke RS Dr Oen Solo. Saat itu, dirinya ditemani Rn dengan mengendarai sepeda Zupiter milik tersangka. Sepeda motor milik korban disita petugas di tempat parkir di RS Dr Oen Solo. Belakangan diketahui, korban yang asli Jember, Jatim baru 4 bulan berada di Solo. Saat polisi hendak mengeler tersangka Rk, ayah korban sempat tersulut emosi dan hendak menghampiri tersangka Rk.

Tapi, aksi tersebut dapat dicegah oleh petugas setempat. Hingga petang hari, baik Rk ataupun Rn masih dimintai keterangan oleh penyidik. Sementara, jasad korban diautopsi oleh petugas di RS Dr Moewardi Solo.

pso

Editor: | dalam: Hukum |
Iklan Cespleng
  • SALON:POTONG, Creambath

    SALON:POTONG, Creambath, Massage, Lulur, Dll. Hubungi:085642409123…

  • Dijual AVANZA

    Dijual AVANZA tahun 2007, warna Hitam 1.5c, plat AD, kilometer 76 Ribu, Orisinil, kondisi…

  • Dijual NEW COROLA SEG

    Dijual NEW COROLA SEG tahun 2001, warna Hitam Metalic, plat AD Asli, Ban Baru, Barang Bagu…

  • OPEL BLAZER

    OPEL BLAZER Dohc LT Tahun 2001 Full Fariasi, Jok Kulit, Two Tone Biru. Hubungi:08232364995…

  • Dibutuhkan 3 wanita

    Dibutuhkan 3 wanita, PRIA AHLI Potong Rambut, 3Kapster, 3 Wanita Cantik, 3Waitres+1PRT, Se…

  • Dikontrakkan rumah.

    Dikontrakkan rumah. Lingkungan aman, Komplex Perumahan Fajar Indah, Asri&Dekat kemna-…

  • Kijang Kotak 82 Nusa

    Kijang Kotak 82 Nusa, Long, plat AD, koondisi Istimewa, harga Rp23.000.000/nego. Hubungi:0…

  • Dikontrakkan TOKO 1 lantai

    Dikontrakkan TOKO 1 lantai, Jl.Ronggowarsito, Belakang BI. Hubungi:082323452011…

  • DICARI MARKETING Pria

    DICARI MARKETING Pria Umur 25Tahun Punya Sim C Wanita Bag Pembukuan, Umur Maksimal 25 Kiri…

  • Butuh APOTEKER

    Butuh APOTEKER(Ada Praktek dari Spesialis, Muslimah, untuk Sragen. Hubungi:085728413263…

  • KIA PICANTO.

    KIA PICANTO. Automatic Transmisi, warna Putih, Bulan Mei 2012, tangan pertama, kondisi Mul…

  • Dibutuhkan karyawan/karyawati

    Dibutuhkan karyawan/karyawati untuk Tk Sepeda Juara Jl.Lawu Papahan Kartasura.

  • Dijual City

    Dijual City, tahun 1997 Orange AC Dingin R/T PWAn, atas nama Sendri, kondisi Istimewa. Hub…

  • Butuh uang. Dijual RUSH

    Butuh uang. Dijual RUSH tahun 2007, plat G, warna Biru, plat AD, tangan pertama, atas nama…

  • Jual ESTEMM 1.6

    Jual ESTEMM 1.6 tahun 1995, Power Stering, Power Window, Veleg Racing, Mesin Halus, Harga…

  • Dijual SOUL GT.

    Dijual SOUL GT, tahun 2012, plat AD, tangan pertama Dari Baru, Pajak Baru Gress, warna Put…

  • GRAND LIVINA SV

    GRAND LIVINA SV tahun 2010 Metalik, warna Silver, kilometer Rendah, FullVariasi, kondisi I…

  • Jual kavling Murah

    Jual kavling Murah 7x10m2, Harga Rp30.000.000, 100m Dari Jl.Pandanaran Boyolali PDAM Khusu…

  • Rumah DIPONDOK Baru Permai

    Rumah DIPONDOK Baru Permai Blok A II No.11 Gentan Belakang Luwes, 3Kamar Tidur, 1Kamar Man…

  • Dijual ATOZ

    Dijual ATOZ tahun 2002, Automatic Transmisi, warna Hitam, Barang Istimewa, harga Rp57.500.

Menarik Juga »