1tornado
Sabtu, 1 Januari 2011 14:04 WIB Internasional Share :

Tornado hantam AS, 6 orang tewas

Chicago–Di tengah kemeriahan malam pergantian tahun di seluruh dunia, musibah memprihatinkan terjadi di Amerika Serikat (AS).

Angin tornado memporak-porandakan tiga negara bagian AS, yakni Arkansas, Missouri, dan Illinois dan menewaskan sedikitnya 6 orang.

Tornado ini meninggalkan kerusakan hebat di tiga negara bagian tersebut. Banyak kota porak poranda, rumah-rumah rusak, banyak atap rumah beterbangan. Bahkan banyak mobil hingga truk yang terbalik akibat tornado ini.

“Tiga korban jiwa telah dilaporkan ke Washington County,” demikian pernyataan Kantor Manajemen Darurat Negara Bagian Arkansas, seperti dilansir detikcom, Sabtu (1/1).

Ketiga korban jiwa tersebut dilaporkan ditemukan di dekat kota Cincinnati, Arkansas.

Badai menghantam Arkansas sekitar pukul 06.00 waktu setempat, Jumat (31/12). Sedikitnya 8 orang mengalami luka-luka akibat bencana ini.

Di Missouri, tornado menerjang segerombolan trailer yang tengah berada di wilayah pinggiran Dent County. Akibatnya dua orang wanita tewas, seorang berusia 64 tahun dan lainnya 21 tahun.

“Terjadi kehancuran total dari lumbung-lumbung padi dan trailer. Tidak bisa diidentifikasi,” jelas Kepala Kepolisian setempat, Rick Stallings.

Belum diketahui adanya korban jiwa lainnya. Rumah-rumah lainnya di wilayah tersebut dilaporkan hanya mengalami kerusakan ringan.

Sementara itu, seorang korban jiwa akibat tornado dilaporkan ditemukan di dekat kota Rolla, sekitar 160 kilometer dari St Louis, Phelps County, Missouri.

“Ada satu kematian yang diduga akibat tornado di Phelps County,” kata salah seorang operator kantor kepolisian Phelps County, Stacy Smitz.
“Ada beberapa yang dilaporkan mengalami luka-luka, tapi saya tidak tahu berapa jumlahnya dan bagaimana kondisinya,” imbuhnya.

Gubernur Missouri, Jay Nixon telah menyatakan keadaan darurat di Missouri. Ia memastikan bahwa pemerintahannya telah siap untuk menyediakan logistik yang dibutuhkan untuk membantu penyelamatan dan operasi pemulihan masyarakat akibat badai yang mematikan ini.

Kemudian di wilayah Belleville, Illinois juga dilaporkan ada 5 orang mengalami cedera serius akibat tornado ini.

dtc/nad

KSP.Pratama Surya Makmur, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO¬†— Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…