Sabtu, 1 Januari 2011 17:03 WIB Ekonomi Share :

Resolusi masyarakat AS, stop rokok dan tekan belanja

Jakarta--Berhenti merokok dan ‘mengencangkan ikat pinggang’ uang belanja menjadi resolusi masyarakat di AS untuk tahun 2011 ini.

Dari 44% orang AS yang membuat resolusi di 2011, sebanyak 17% akan membuang jauh-jauh kebiasaan merokoknya, 16% ingin menghilangkan berat badan, dan 13% berencana untuk lebih hemat.

Poling ini dilakukan oleh Marist College Institute for Public Opinion found.

Seperti dilansir detikcom, Sabtu (1/1), dengan rata-rata pengeluaran untuk sebungkus rokok sebesar US$ 6, masyarakat AS bisa lebih menghemat pengeluaran mereka.

Berdasarkan perhitungan dari MSN Money, jika seseorang yang berumur 40 tahun berhenti merokok, maka mereka bisa mempunyai tabungan pensiun sebesar seperempat juta dolar AS pada saat umurnya 70 tahun.

Selain itu, usaha menurunkan berat badan juga bakal membantu masyarakat AS menghemat pengeluaran mereka. Karena menurut laporan di AS, biaya kesehatan untuk orang dewasa penderita obesitas mencapai US$ 147 miliar lebih besar dari orang dewasa dengan berat normal.

Masalah obesitas ini juga mengurangi produktivitas, mempengaruhi absensi pegawai, kecacatan, dan kematian dini. Hal ini juga mempengaruhi biaya transportasi, karena dibutuhkan energi yang lebih besar untuk mengangkut penumpang berat.

Pada anak, obesitas juga menelan biaya miliaran dolar dari perekonomian AS melalui biaya kesehatan. Obesitas bisa mempengaruhi pendidikan anak. Sebab anak penderita obesitas cenderung lemah dalam pendidikan di sekolah.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…