News
Sabtu, 1 Januari 2011 - 07:53 WIB

76 Persen pidato hukum SBY tak ada yang terealisasi

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tahun 2010 dinilai oleh ICW sebagai tahun yang suram bagi dunia penegakan hukum di Indonesia. 76 Persen pidato Presiden SBY soal hukum tidak ada yang terealisasi.

“Menurut ICW, pernyataan Presiden soal politik dan hukum tidak ada yang terealisasi,” kata peneliti ICW, Donal Fariz seperti dilansir detikcom, Sabtu (1/1).

Advertisement

Donal menyampaikan, komitmen SBY yang dilontarkan lewat pidato-pidatonya sangat jarang bisa terwujud. Yang ada pidato itu hanya sebatas wacana saja.

“Jika ini tidak diubah, tahun 2011 sama saja dengan tahun sebelumnya,” lanjut Donal.

Donal mencontohkan, keinginan agar kasus Gayus bisa diselesaikan dengan tuntas seperti jauh dari panggang api. Baginya, ini adalah kesalahan dari kepemimpinan SBY.

Advertisement

Dengan wewenang besar yang dimilikinya, menurut Donal, SBY justru terjebak dalam kompromi politik. Sebagai contoh, hingga saat ini, publik belum juga tahu apa alasan Presiden memilih Timur Pradopo sebagai Kapolri.

“Timur itu sudah klop dengan Setgab, fit and proper test itu hanya jadi ajang formalitas saja,” lanjutnya lagi.

Meski begitu, Donal juga mengapresiasi keinginan Presiden untuk menyelesaikan kasus Bibit Chandra di luar persidangan. Buktinya Kejagung akhirnya mengeluarkan deponeering.

Advertisement

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : Pidato Hukum SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif