Bisnis
Jumat, 29 Maret 2024 - 11:11 WIB

Menilik Kesuksesan Kaliwedi Sragen Kembangkan Agrowisata hingga Waterboom

Redaksi Solopos.com  /  Ika Yuniati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Water boom Jambangan Permai yang dikelola BUMDes Karya Mandiri Kaliwedi, di Dukuh Toro, Desa Kaliwedi, Gondang, Sragen, Minggu (10/3/2024) sore. (Solopos.com/Ika Yuniati)

Solopos.com, SRAGEN — Gelak tawa anak-anak terdengar jelas saat Solopos.com berkunjung ke kompleks Waterboom Jambangan Permai di Dukuh Toro, Desa Kaliwedi, Gondang, Sragen, Minggu (10/3/2024).

Mereka asyik berenang dan main air di area tersebut. Sementara, para orang tua memantau dari gazebo yang ada di pinggir kolam.

Advertisement

Destinasi wisata ini memiliki sejumlah fasilitas seperti dua waterslide dengan ketinggian masing-masing 5 meter dan 7 meter, wahana air tumpah, kolam renang anak, gazebo kios kuliner dan lain-lain. Tiket yang dipatok juga relatif murah, yakni hanya Rp10.000 gratis semangkuk soto.

Direktur BUMDes Kaliwedi, Hartono, kemudian mengajak Solopos.com menuju lokasi taman yang juga ditanami buah kelengkeng. Lokasi taman indah itu juga berada di kompleks Waterboom Jambangan Permai.

Ke depan, BUMDes berencana membangun restauran untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai pusat kuliner. Agar menarik pengunjung, bahkan akan dibuat dalam bentuk rumah makan apung.

Sejarah

Hartono kemudian mengingat-ingat momen beberapa tahun silam Ketika lokasi tersebut masih berupa kebun terbengkalai. Sejak berpuluh-puluh tahun, tanah kas desa itu tak pernah dimanfaatkan dengan maksimal.

Sampai akhirnya pada 2021 lalu, di bawah pengelolaan BUMDes Karya Mandiri Kaliwedi, tanah kas itu dibangun menjadi wahana wisata waterboom.

“Pengunjungnya lumayan, kalau pas Minggu [akhir pekan] bisa 800-an per hari,” kata dia.

Advertisement

Hartono menjelaskan, BUMDes Karya Mandiri yang menjadi cikal bakal pertumbuhan ekonomi baru di Kaliwedi ini diinisiasi mulai 2014.

Namun, mulai serius didirikan pada 2017 hingga 2019. Pada medio 2017-2019 itu mereka memulai dengan mendirikan Lembaga Keuangan Desa (LKD) yang menjadi Lembaga simpan pinjam.

Setelah itu, pada masa Pandemi Covid-19, mereka merambah usaha Internet desa yang saat ini memiliki 119 pelanggan dengan biaya hanya Rp100.000/bulan.

Pada 2021 mereka kemudian mendirikan perusahaan air minum (PAM) untuk memfasilitasi air bersih di wilayah Dukuh Toro. Pendirian PAM kemudian dikembangkan menjadi wisata air waterboom.

Selain itu, ada dua unit usaha lainnya yang juga cukup berhasil, yakni agrowisata kelengkeng dengan luas hampir 4 hektare, dan peternakan seratusan domba.

“Kalau Internet-nya dulu dimanfaatkan anak-anak yang sekolah karena pas belajar di rumah. Sampai saat ini masih banyak nasabahnya. Dimanfaatkan juga oleh para UMKM untuk jualan online. Ini semua ya pengembangan dari dana desa melalui BUMDes ini,” kata dia.

Total ada enam unit usaha yang saat ini mereka Kelola.

Advertisement

Saat dikonfirmasi ulang, Kamis (28/3/2024), Hartono, menyebut omzet mereka mencapai Rp1,7 miliar per tahun.

Angka tersebut kemudian digunakan untuk membiayai operasional, hingga gaji karyawan. Sisanya mereka setorkan ke kas desa sebagai tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kerja Sama BRI

Hartono mengakui manfaat yang dirasakan untuk desa setempat belum terlalu signifikan. Namun yang pasti, mereka sudah berhasil memberdayakan warga setempat dengan merekrut jadi karyawan. Misalnya karyawan di BUMDes, petani kelengkeng, pekerja di waterboom dan lainnya.

Salah satu unit usaha mereka yang digarap secara kolaboratif bahkan mampu menggandeng para petani milenial. Unit usaha agrowisata berupa penanaman melon dengan green house tersebut bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sragen.

Penanaman melon hidroponik ini mendapatkan bantuan pengembangan dari Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILian Regional Yogyakarta hingga Rp90 juta lebih. Mereka kali pertama melakukan panen raya pada, Jumat (23/2/2024) lalu.

Bantuan diberikan kepada kelompok petani milenial Sumber Tani sebagai modal budidaya melon dengan sistem greenhouse, mulai dari persiapan awal hingga panen.

Advertisement

Kandang peternakan domba di Desa Kaliwedi, Gondang, Sragen, Minggu (10/3/2024). (Solopos.com/Ika Yuniati)

BUMDes Kaliwedi juga menggandeng petani muda Gilang Indarmaga Putra yang juga pemilik Agrimaga sebagai pendamping. Gilang merupakan warga setempat yang sebelumnya sukses mengembangkan penanaman melon hidroponik melalui green house.

Melalui kerja sama secara masif dengan BRI tersebut, Desa Kaliwedi, menurut Hartono, kian terbantu. Ditambah Mantri BRI yang bertugas di wilayahnya cukup proaktif mendukung sejumlah program desa.

Tak hanya membantu permodalan melalui pinjaman melalui sejumlah produk perbankan, melainkan juga membantu pengembangan lainnya.

Misalnya membantu pembukuan yang baik LKD Kaliwedi, pelatihan petani milenial maupun ibu-ibu UMKM, hingga membantu promosi Kaliwedi secara langsung maupun melalui situs Localoka.

Digitalisasi perbankan melalui BRIMo, QRIS, hingga BRILink, juga cukup merata di Kaliwedi. Hal itu cukup memudahkan warga setempat Ketika bertransaksi.

Berkat kolaborasi yang baik itu pula, Kaliwedi pernah dinobatkan sebagai Desa BRILian. Pada akhir 2023 lalu Kaliwedi diajak pameran produk unggulan perdesaan di Taman Kantor Pusat BRI bersama delapan desa lainnya di Tanah Air.

Advertisement

“Katanya kami juga akan dapat bantuan CSR dari BRI. Akan kami gunakan untuk menyelesaikan proses Pembangunan taman,” kata Hartono.

Target BUMDes Kaliwedi

Berbagai pengembangan di BUMDes Kaliwedi ini tak lepas dari tangan dingin Daryono sebagai Kepala Desa.

Sejumlah program yang dia kembangkan membuat aset di Kaliwedi tumbuh pesat, hingga menaikkan status desa mereka dari berkembang menjadi desa maju.

BUMDes Kaliwedi juga dinobatkan sebagai Juara Inovasi dalam Lomba Desa se-Sragen pada 2022 silam. Daryono mengaku, pemberdayaan jadi prioritas utama kepemimpinannya.

Dia mengambil kebijakan yang dianggap tak popular tersebut demi meninggalkan legacy bagi masyarakat sehingga mampu mengangkat perekonomian desa.

“Kalau mayoritas desa fokus pengembangan fisik, saya mengambil Keputusan juga fokus pada pemberdayaan,” kata dia saat ditemui di kediamannya, Minggu.

Advertisement

Potensi Desa Kaliwedi adalah pertanian. Ia merasa, potensi tersebut tak bisa dimaksimalkan jika tak didahului dengan adanya pariwisata.

Oleh karena itu, dia mengawalinya dengan membuat waterboom. Semua pengembangan unit usaha BUMDes tersebut menggunakan dana desa setempat.

“Dengan adanya BUMDes ini kami jadi terus belajar, apalagi yang bisa kami kembangkan lagi. Terus belajar, dan berinovasi,” kata dia.

Pimpinan Cabang BRI Sragen, Wawan Indarno, mengatakan Desa Kaliwedi merupakan salah satu Desa BRILian unggulan mereka. Desa ini dikelola di bawah BRI Unit Plosorejo sejak 2021 silam.

Kaliwedi dipilih karena memiliki potensi yang bisa dikembangkan, mulai dari UMKM, adanya waterboom, agrowisata, hingga waterboom.

“Jadi kemudian BRI akhirnya menetapkan desa ini layak kami support dan dorong sebagai desa BRILian. Goal-nya adalah mengembangkan desa sebagai pusat ekonomi,” kata dia saat ditemui di kantornya, Jumat (15/3/2024).

Sementara itu, Desa BRILian merupakan program inkubasi desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa.

Advertisement

Sejak 2020 hingga 2023, program Desa BRILiaN telah melakukan pemberdayaan kepada 3.178 desa yang aktif berinisiatif serta berkomitmen maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Di Sragen sendiri, ada beberapa daerah yang mulai dikonsep sebagai Desa BRIlian. Misalnya di Kun Gerit Gemolong, dan Pusat Batik di Plupuh Masaran.

Tujuan utama mereka dalam membentuk Desa BRILian yakni menjadikan desa tersebut kian berkembang dan kian maju hingga jadi role model.

Hal itu tak lepas dari peran BRI sebagai agent of development untuk memberikan dampak social value kepada masyarakat.

“Ke depan kalau bisa kami harus selalu create desa BRIlian baru. Minimal ada satu lagi yang bisa kami jadikan sebagai Desa BRIlian,” tambah Wawan.

Advertisement
Kata Kunci : Bank BRI BRI 2024 Brilian UMKM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif