Sport
Selasa, 20 April 2010 - 16:38 WIB

Mourinho bakal gantikan Alex Ferguson?

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Manchester— Kabar mengenai Jose Mourinho bakal menjadi suksesor Sir Alex Ferguson di Manchester United kini merebak lagi.

Dengan usia yang sudah menginjak angka 68, usia Sir Alex memang sudah terlalu senior, bahkan untuk ukuran seorang manajer sekalipun. Apalagi dia sudah lebih dari dua dekade menangani MU. Tak heran apabila kemudian masa baktinya di Old Trafford diperkirakan akan berakhir musim ini.

Advertisement

Namun sesungguhnya, tak pernah ada yang tahu kapan manajer asal Skotlandia itu bakal berhenti menangani ‘Setan Merah’. Ia pernah mengatakan akan pensiun pada tahun 2002, namun akhirnya membatalkannya. Durasi kontrak pria yang juga kerap disapa Fergie ini pun tak pernah dibocorkan.

Satu hal yang membuat Sir Alex tetap kuat menangani MU di usia yang sudah sedemikian senja adalah ambisi. Setidaknya demikianlah yang kerap disuarakan anak-anak asuhnya (atau mantan anak-anak asuhnya).

Musim ini ia bertekad untuk membawa The Red Devils menjuarai Premier League sehingga bisa merajai Inggris, sekaligus melampaui perolehan trofi Liverpool, dengan koleksi 19 gelar. Ambisi sepadan yang bisa dijadikan alasan mengapa ia masih terus duduk di kursi pelatih.

Advertisement

Maka, tak heran topik mengenai siapa yang akan menjadi suksesornya pun selalu menarik untuk dibahas. Makin menarik lantaran nama pelatih Inter Milan, Mourinho selalu muncul acapkali topik tersebut dibahas. The Special One pun pernah mengaku, dirinya tak akan sungkan menjadi pelatih MU.

“Saya akan mempertimbangkan ke Manchester United, tapi MU harus terlebih dulu sudah mempertimbangkan saya untuk menggantikan Sir Alex Ferguson. Kalau mereka setuju, maka tentu saja saya mau,” akunya kala itu.

Lalu, sekarangkah saatnya Mourinho menangani MU? Sebenarnya ada beberapa nama lain yang dikabarkan dijadikan kandidat suksesor Sir Alex: Mark Hughes, Martin O’Neil, dan David Moyes. Tetapi jika melihat trek rekor, maka Mourinho berada di atas nama-nama lainnya.

Advertisement

Ingat, selama hampir 25 tahun menangani MU Sir Alex sudah mempersembahkan puluhan trofi juara dari berbagai kompetisi. Untuk menjadi penggantinya, butuh setidaknya pelatih yang “sepadan”, yang sudah terbukti mempunyai tangan emas untuk menghasilkan trofi; siapa lagi kalau bukan Mourinho?

Isu semakin beredar kencang lantaran Mourinho kerap dimusuhi di Seri A sehingga godaan untuk kembali ke Inggris makin kuat. Hanya saja, Mourinho kini dikabarkan tengah diminati oleh Real Madrid. Pilihan lain pun terbuka untuknya: meninggalkan Italia dan hijrah ke Spanyol.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif