Teknologi
Minggu, 21 November 2010 - 09:33 WIB

Tak tergantung Pemerintah, TI Indonesia jadi panutan

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Indonesia dijadikan salah satu panutan dalam pemberdayaan masyarakat lewat teknologi informasi (TI). Indonesia adalah satu-satunya contoh dari Asia Pasifik.

Demikian disampaikan penggiat TI, Onno W Purbo seperti dilansir detikcom, Sabtu (20/11). Ia mengatakan, contoh dari Indonesia adalah satu-satunya yang mewakili Asia Pasifik dalam Journal Information Technologies & International Developments edisi khusus 2010.

Advertisement

“Di sana dijelaskan strategi pemberdayaan masyarakat berbasis IT yang bersifat bottom up, tidak tergantung pada utangan dan pemerintah. Lebih banyak bertumpu pada pemandaian masyarakat dan wanita,” tutur pria yang akrab disapa Kang Onno itu.

Dalam jurnal tersebut, Indonesia dimuat dalam sebuah tulisan bertajuk ‘The Foundation of Cultural Changes in Indonesia’. Tulisan itu ditulis bersama Onno W Purbo dan Matthew Walton dari International Development Research Centre, Kanada.

“Meski masih pada tahap awal, kisah Indonesia dan internet adalah hal yang berbeda dibandingkan negara lain di dunia. Indonesia didasarkan pada memiliki pengetahuan yang tepat, inovasi dengan solusi sederhana dan menciptakan keterbukaan,” sebut bagian kesimpulan dalam tulisan itu.

Advertisement

“Lebih penting lagi, gerakan di Indonesia ini adalah soal memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk bisa mengakses peluang itu sendiri, daripada sekadar menunggu disuapi orang lain,” lanjut mereka.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif