Soloraya
Kamis, 28 Maret 2024 - 21:40 WIB

Belajar Berbagi dan Toleransi, KB/TK/SD Warga Solo Bagikan 450 Takjil Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa KB, TK, dan SD Warga Solo menggelar aksi bagi-bagi 450 takjil gratis kepada masyarakat di Jl. Ir. Juanda, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Selasa (26/3/2024) sore. Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dan toleransi para siswa di Bulan Ramadan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Yayasan Warga Solo punya cara unik untuk menumbuhkan semangat berbagi dan toleransi pada murid KB, TK, dan SD di bulan Ramadan. Mereka menggelar aksi bagi-bagi 450 takjil gratis kepada masyarakat di Jl. Ir. Juanda, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Selasa (26/3/2024) sore.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 15 anak KB TK Warga, 10 anak SD Warga, dan 15 bapak dan ibu guru. Menariknya menu takjil yang dibagikan tersebut dimasak langsung oleh tangan-tangan terampil guru-guru KB, TK, dan SD Warga sejak siang hari.

Advertisement

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah KB TK Warga, Mayang.

“Semua menu takjil yang kami bagikan hari itu kami masak dan kemas sendiri olah guru-guru KB, TK, dan SD Warga. Meskipun menunya sederhana, hanya nasi oseng, camilan, kolak, dan kurma, namun karena di masak sendiri rasanya jauh lebih puas,” katanya.

Semangat kekompakan dan toleransi memang tercermin dalam kegiatan itu. Untuk anak-anak KB TK Warga mereka kompak memakai seragam olahraga berwarna oranye termasuk dengan guru pengampunya. Sementara siswa SD Warga memakai seragam warna hijau kombinasi kuning.

Advertisement

Kemudian meskipun acara bagi-bagi takjil Ramadan identik dengan kegiatan umat Islam, namun siswa KB/TK/SD Warga Solo yang hadir pada acara tersebut ternyata tidak hanya dari yang beragama Islam saja. Melainkan yang beraga non-Islam pun turut serta dalam acara itu.

“Kami ini kan sekolah nasional, jadi semua anak-anak dari agama apapun punya akses dan kesempatan yang sama dalam setiap acara yang Yayasan Warga gelar. Termasuk hari itu, anak-anak non-Islam kami sengaja libatkan agar tercipta karakter takwa, gotong royong, dan bertoleransi sesuai dengan misi Yayasan Warga,” tambah Mayang.

Acara bagi takjil sore itu berlangsung meriah dan penuh keceriaan. terlihat murid-murid KB, TK, dan SD  Warga Solo antusias memberikan takjil kepada para pengguna jalan di Jl. Ir. Juanda.

Advertisement

Mereka memberikannya dengan penuh senyum dan sesekali sambil melambaikan tangan kepada penerima takjil. Acara sore itu pun ditutup dengan doa bersama dengan harapan apa yang dibagikan bisa menjadi berkah bagi anak-anak dan juga penerimanya.

Untuk menyambung acara ini dan terus merawat nilai toleransi, KB TK Warga Surakarta juga akan menggelar acara buka puasa bersama (bukber) dan juga merayakan Paskah pada Jumat (29/3/2024).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif