News
Minggu, 10 Januari 2010 - 23:17 WIB

Batik printing paling terancam AC-FTA

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Perdagangan bebas Asean dengan China atau Asean-China Free Trade Agreement (AC-FTA) mengancam pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) batik khususnya batik printing.

Disampaikan sejumlah pengusaha batik di Solo, perdagangan bebas dengan China cukup mengkhawatirkan sektor ini lantaran produksi batik China adalah batik printing. Sementara, untuk batik tulis dan batik cap dinilai cukup kuat dan mampu bersaing di tengah perdagangan bebas.

Advertisement

Seperti disampaikan Ketua Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan (FKBL), Alpha Febela Priyatmono. Menurut Alpha, dari tiga sektor batik yakni batik tulis, cap dan printing, batik printing ini yang paling terancam.

“Produksi China itu hanya tekstil biasa, tapi motifnya batik. Memang katanya, batik printing China dengan batik printing Solo sudah memiliki pangsa pasar sendiri-sendiri. Hanya yang juga cukup mengkhawatirkan adalah China nanti menyerang motif-motif umum.” Motif umum ini, adalah motif-motif batik printing yang umumnya diproduksi para UKM disamping motif-motif seragam.

“Jadi, jangan sampai industri batik China itu masuk ke Indonesia dalam skala UKM. Ini yang paling berbahaya dan bisa mematikan UKM-UKM batik lokal. Bakal terjadi persaingan yang cukup ketat, karena industri batik China skala UKM itu akan merebut pasar UKM lokal.”

Advertisement

Sejauh ini, lanjut Alpha, pelaku batik belum memiliki strategi khusus untuk menghadapi pasar bebas ini.

Senada disampaikan salah satu pengusaha batik di Laweyan, Gunawan Muh Nizar. Gunawan menyampaikan dampak perdagangan bebas dengan China sejauh ini memang belum terasa terutama pelaku batik tulis ataupun cap. Karena apresiasi masyarakat untuk batik kalangan menengah ke atas ini sudah cukup bagus.

haw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Batik Printing
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif