News
Sabtu, 25 September 2010 - 08:42 WIB

Warga Jabodetabek waspadai hujan dan angin kencang

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–BMKG memperingatkan masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) untuk waspada. Ini terkait hujan lebat disertai angin kencang berdurasi singkat.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kasubid Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko saat dihubungi Jumat (24/9). “Dalam tiga hari mendatang wilayah Jabodetabek harus waspada akan potensi hujan. Yang perlu diperhatikan adalah intensitas hujan yang lebat dan angin kencang pada wilayah barat, selatan dan timur.”

Advertisement

Menurut Hary, hujan akan sering terjadi pada waktu siang dan malam hari. Meskipun begitu, ini merupakan fenomena biasa karena Indonesia berada dalam masa transisi atau pancaroba.

“Biasanya, perubahan musim kemarau ke penghujan tidak bisa serta merta. Ada perubahan iklim yang terjadi,” katanya lagi.

Hary memaparkan bahwa kondisi pancaroba memiliki ciri selain potensi hujan antara siang dan malam, cuaca di pagi hari cenderung cerah diikuti dengan udara pengap. Selain itu, awan putih seperti bunga kol dengan landasan bawah berwarna abu-abu muncul di waktu pagi.

Advertisement

“Seiring proses, siang dan sore, maka terjadi perubahan awan menjadi abu-abu gelap,” kata Hary.

Terkait hujan, masyarakat diminta untuk lebih waspada apabila hujan terjadi dalam kurun waktu satu atau dua jam.

“Jika terjadi di dataran rendah, maka dikhawatirkan muncul genangan. Namun, masyarakat di dataran tinggi juga harus waspada terhadap bahaya longsor. Bogor misalnya.”

Advertisement

inilah/rif

Advertisement
Kata Kunci : Warga Jaboabek Waspada
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif