News
Minggu, 11 Juli 2010 - 20:39 WIB

SOLOPOS & Harian Jogja terima penghargaan Pressmart Indonesia Print Media Award (PIPMA) 2010

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Dua koran regional milik Bisnis Indonesia Grup—Harian Jogja dan Solopos—menyabet penghargaan sebagai koran dengan desain sampul depan (cover) terbaik dalam Pressmart Indonesia Print Media Awards (PIPMA) 2010.

PIPMA merupakan kompetisi sampul muka surat kabar harian, majalan dan tabloid yang untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) dengan menggandeng Pressmart, perusahaan digital publishing dari India.

Advertisement

Ketua Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), Dahlan Iskan, menegaskan perpaduan antara kata-kata, gambar dan grafis menjadi kekuatan yang harus diandalkan untuk membuat media cetak tetap eksis di masa depan.

“Itu sebabnya rangsangan agar semua pelaku industri media cetak semakin menyadari pentingnya penampilan—selain isi dan karakter—perlu terus digalakkan. Lewat PIPMA ini, sekali lagi utuk menyadarkan bahwa penampilan adalah penting,”ujarnya di sela-sela malam penganugerahan PIPMA 2010, Jumat (9/7).

Direktur Eksekutif SPS, Asmono Wikan, menambahkan PIPMA 2010 terbagi menjadi 16 kategori, yang terbagi untuk surat kabar nasional dan regional, majalah dan tabloid dan diikuti oleh 314 karya sampul muka yang diusulkan oleh 124 penerbit media cetak dari seluruh Indonesia.

Advertisement

“Karya yang masuk dinilai oleh tim juri independen yang terdiri dari tujuh orang pakar yang memiliki reputasi dalam bidang kreatif dan marketing,”jelasnya.

Untuk kategori surat kabar regional yang beredar di Jawa, sampul muka Harian Jogja edisi 19 Desember 2009 dan cover Solopos edisi 31 Desember 2009 ditetapkan dewan juri sebagai The Best Java Newspaper Front Page Design. Pada ketegori ini, masuk nominasi antara lain Suara Merdeka dan Pikiran Rakyat.

Pada kategori surat kabar harian nasional, penghargaan terbaik disabet oleh Koran Tempo edisi 5 Mei 2009, majalah wanita oleh Femina serta Gatra pada kategori majalah berita.

Advertisement

Oleh Y. Bayu Widagdo & Anton Wahyu

Advertisement
Kata Kunci : Pipma Solopos
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif