News
Minggu, 28 November 2010 - 17:21 WIB

Menhut optimistis Gerakan Menanam Pohon tepat sasaran

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Saat ini program penanaman pohon secara nasional yang dicanangkan pemerintah telah mencapai 610,6 juta batang di seluruh Indonesia.

Penanaman ini merupkan bagian dari program penanaman 1 miliar pohon sepanjang tahun 2010.

Advertisement

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengaku yakin sasaran satu miliar pohon bisa tercapai pada akhir tahun 2010 meski pada akhir Oktober baru mencapai 610,6 juta batang.

“Dengan kondisi musim hujan saat ini kami yakin pelaksanaan gerakan menanam dapat terus dipacu,” kata Zulkifli Hasan pada peringatan gerakan menanam satu miliar pohon di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (28/11).

Menurut politisi Partai Amanat Nasional tersebut, ketersedian bibit di kebun bibit rakyat, persemaian swadaya, serta persemaian hutan tanaman saat ini mencapai 860 juta bibit siap tanam.

Advertisement

Dengan demikian, imbuh Zulkifli, penanaman yang terus menerus memberi kontribusi nyata bukan saja untuk penurunan emisi karbon tapi juga mencegah banjir,  kekeringan, tanah longsor.

Sehingga, mampu membawa dampak langsung bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Zulkifli menyampaikan Kementerian Kehutanan menetapkan pembangunan kebun bibit rakyat sebanyak 8000 unit atau setara 400 juta batang untuk mendukung gerakan satu miliar pohon itu. Pembangunan ini dilakukan di 422 kabupaten/kota.

Advertisement

Pada tahun 2011 akan dibangun 10.000 unit kebun bibit rakyat atau setara dengan 500 juta batang. Pembangunan Kebun bibit rakyat dilakukan di 424 Kabupaten/Kota.

Selain itu akan dibangun 23 unit persemaian bibit permanen di 23 provinsi. Target produksinya mencapai 60 juta batang per tahun.

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : Gerakan Menanam Pohon
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif