News
Kamis, 2 September 2010 - 08:44 WIB

Komnas HAM: 8 Orang tewas dalam kerusuhan Buol

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebutkan jumlah korban tewas akibat kerusuhan Buol, Sulteng, lebih dari 6 orang seperti yang dilansir Mabes Polri. Bahkan, jumlah korban luka-luka mencapai puluhan orang.

“Semalam data terakhir 8 orang meninggal dan luka-luka 34 orang,” ujar Wakil Ketua Komnas HAM Ridha Saleh, Kamis (2/9).

Advertisement

Ridha mengatakan, Komnas HAM telah meminta kepolisian untuk menghentikan  BKO (di-Bawah Kendali Operasi) di seluruh Buol. Ia meminta polisi menahan gejolak masyarakat dengan menggunakan cara-cara persuasif.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Kapolresnya untuk segera menarik pasukan,” imbuh Ridha.

Komnas HAM saat ini masih terus bekerja mengumpulkan bukti-bukti apakah ada kasus pelanggaran HAM dalam insiden Buol. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat kembali tenang dan menjauhi aksi-aksi kekerasan.

Advertisement

“Kami juga memintakan Kapolda untuk menghentikan BKO tadi malam dan mengusulkan ke DPRD untuk mengeluarkan instruksi agar jajaran sipil melakukan upaya-upaya penenangan agar mereka yang berkumpul di jalan supaya balik ke rumah,” imbau Ridha.

Setelah sempat reda, situasi di Buol kembali memanas. Rumah dinas Wakapolres Buol dikabarkan dirusak dan dibakar massa, Rabu (1/9) malam.

Sebelumnya, Selasa (31/9), warga Biau, Kabupaten Buol, Sulteng, juga melakukan penyerangan ke kantor Polsek Biau. Hal ini dipicu tewasnya seorang tahanan bernama Kashmir, 19.

Advertisement

Akibat penyerangan tersebut, polisi setempat melakukan pembelaan diri sehingga 6 orang warga tewas.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif