News
Senin, 22 Maret 2010 - 19:29 WIB

KA Prameks datang telat 45 menit, pengguna demo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Pasca kenaikan tiket Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks), Komunitas Penglaju Jogja (KPJ) melakukan aksi simpatik di Stasiun Lempuyangan, Senin (23/2). Menariknya, saat aksi itu digelar, KA Prameks yang berangkat pertama dari Jogja ke Solo mengalami keterlambatan hingga 45 menit.

Padahal pihak KA Daop VI berjanji akan menaikkan pelayanan termasuk ketepatan jadwal, seiring kenaikan tarif.

Advertisement

Koordinator KPJ Eko Setyanto ketika ditemui Harian Jogja di Stasiun Lempuyangan sebelum berangkat ke Solo menjelaskan aksi simpatik yang dilakukan ini hanyalah aksi sederhana dari Komunitas Pramekers.

“Kami hanya membentangkan spanduk di Stasiun Lempuyangan sebelum berangkat. Tujuannya agar orang yang mau berangkat dari Jogja mengetahui ada aksi penolakan, walaupun kabar ini sudah dimuat media. Jika ada reaksi lagi dari masyarakat atau masukan kepada kami akan ditampung supaya ke depannya bisa sama-sama mengontrol PT KA,” ungkap dosen FISIP UNS tersebut.

Selain melakukan aksi damai, KPJ juga telah mengajukan surat kepada Komisi C DPRD Kota Jogja sebagai upaya pendampingan. Seperti tuntutan semula, komunitas ini tetap meminta harga tiket KA Prameks tetap Rp 8.000.

Advertisement

“Kami tetap meminta harga tiket tetap Rp 8.000 sampai pelayanan dapat ditingkatkan. Mengenai pelayanan, sampai sekarang belum ada peningkatan. Pada hari kedua ini saja kereta pertama sudah terlambat. Kereta yang seharusnya berangkat pukul 05.35 jadi sekitar 06.20 atau telat 45 menit,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Humas PT KA Daop VI Eko Budiyanto  menyatakan permohonan maaf atas keterlambatan KA Prameks pada pemberangkatan pertama.

“Kami mohon maaf karena kami masih dalam pembenahan terus. Tadi pagi itu ada gangguan pembalik arah untuk maju mundur. Ke depan, kami usahakan hal tersebut tidak terjadi lagi,” ujar dia.

Advertisement

Ditanya perihal aksi simpatik yang dilakukan oleh KPJ, Eko mengatakan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Bagi dia apa yang dilakukan Pramekers merupakan bentuk ungkapan kepedulian komunitas terhadap pelayanan PT KA terkhusus Daop VI.

JIBI/Harian Jogja/edi

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif