News
Kamis, 30 Desember 2010 - 14:25 WIB

Jenazah WNI korban kapal In Sung 1 diterbangkan ke Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - 2 Jenazah WNI (Foto: KBRI)

2 Jenazah WNI (Foto: KBRI)

Advertisement

Jakarta--Sejumlah WNI menjadi korban tenggelamnya kapal Korea Ing Sung 1. Para WNI itu menjadi ABK di kapal tersebut. Jenazah dua WNI sudah ditemukan dan segera akan diterbangkan ke Jakarta. Sedangkan lima WNI lainnya masih dinyatakan hilang.

Dua korban tewas yang sudah ditemukan bernama Dodi Purnomo dan Jodi. Berdasarkan rilis KBRI Wellington Selandia Baru yang diterima, Kamis (30/12), kedua jenazah akan diterbangkan dari Aucland pada Kamis dan akan tiba di Jakarta, Jumat (31/12) malam.

“Kedua jenazah akan tiba di Bandara Soekarno – Hatta Jakarta Jumat malam, 31 Desember 2010 dengan menggunakan maskapai penerbangan Korean Air KE-627. Jenazah diberangkatkan dari Auckland pada 30 Desember 2010 menuju Seoul pukul 17.50 waktu Selandia Baru,” kata Murdi Primbani, Sekretaris II Pensosbud KBRI Wellington dalam rilis tersebut.

Advertisement

Kapal pukat In Sung 1 yang berbendara Korea tenggelam dua pekan lalu di Southern Ocean. Lokasi tenggelamnya kapal penangkap ikan itu berada sekitar 2.700 km dari kota Bluff, Selandia Baru dan 1.850 km dari Benua Antartika. Dari 42 ABK yang ada di kapal itu, terdapat 11 ABK berkewarganegaraan Indonesia (WNI).

Dari 11 ABK itu, empat orang ditemukan selamat, dua orang ditemukan tewas, dan lima orang lainnya masih dinyatakan hilang. Empat ABK yang ditemukan selamat telah dibawa pulang ke Indonesia pada Sabtu (25/12) lalu.

Koordinator Fungsi Konsuler Kedutaan Besar RI di Wellington, Gufron Hariyanto, langsung mendampingi pemulangan empat WNI yang selamat itu. Hingga saat ini Gufron masih berada di Jakarta untuk mengurus ketibaan Dodi dan Jodi.

Advertisement

Sebelumnya, Fungsi Konsuler sempat berkoordinasi dengan BCR Ltd – agen operasional In Sung 1 – untuk mengurus keperluan korban selama di kota Bluff dan Invercargill dalam rangka proses kepulangan baik jenazah maupun mereka yang selamat ke tanah air.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Kapal In Sung 1
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif