News
Sabtu, 13 November 2010 - 07:05 WIB

Pujasumarta menjabat Uskup Agung Semarang

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang–Paus Benediktus XVI di Tahta Suci Vatikan menunjuk Mgr Johannes Pujasumarta untuk menjabat sebagai Uskup Agung Semarang.

Administrator Keuskupan Agung Semarang, Romo Pius Riana Prapdi, di Semarang, Jumat (12/11), mengatakan pengangkatan Pujasumarta tersebut telah diumumkan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girreli.

Advertisement

Ia mengemukakan Pujasumarta sebelumnya menjabat sebagai Uskup Agung Bandung.

“Pujasumarta selanjutnya akan mengisi jabatan Uskup Agung Semarang yang telah beberapa waktu kosong karena pejabatnya Mgr Ignatius Suharyo ditunjuk Vatikan sebagai Uskup Agung Jakarta,” ujarnya.

Menurut dia, surat keputusan tentang pengangkatan Pujasumarta kemungkinan baru akan ditetapkan sekitar satu bulan yang akan datang.

Advertisement

Jabatan Uskup Agung Bandung, lanjut dia, untuk sementara akan diampu oleh Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo.

Hingga saat ini, tambah dia, dirinya belum dapat mengungkapkan berbagai hal lain yang berkaitan dengan proses pengangkatan Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang.

Pujasumarta lahir di Solo, Jateng, pada 27 Desember 1949. Ia mengawali pendidikan imamatnya di Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, pada 1963.

Advertisement

Romo yang menyandang gelar doktor spiritualitas dari Universitas St. Thomas Aquinas Roma pada 1987 itu, menjabat sebagai Uskup Agung Bandung sejak 2008. Sebelum sebagai Uskup Agung Bandung, Pujasumarta menjabat sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang.

ant/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif