News
Selasa, 28 September 2010 - 09:59 WIB

Walikota di sarang Narkoba, tewas "dirajam"

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Meksiko–Menjadi walikota di sarang peredaran Narkoba memang berisiko tinggi. Seperti yang menimpa Walikota Tancitaro di Meksiko dan seorang pejabatnya yang ditemukan tewas secara mengenaskan, Senin (27/9). Menurut penyelidikan polisi, mereka dibunuh dengan lemparan batu secara bertubi-tubi atau “dirajam”.

Walikota malang itu adalah, Gustavo Sanchez, Walikota Tan dan penasihat kota, Rafael Equiha. Belum ditemukan siapa pelaku pembunuhan, namun Tancitaro merupakan salah satu kota di Meksiko bagian barat yang bermasalah dengan peredaran narkotika.

Advertisement

Jaksa Agung Jesus Montejano mengungkapkan mayat kedua korban ditemukan di dalam bak suatu truk yang ditinggalkan di pinggir jalan dekat kota Uruapan. Menurut penyelidikan awal, kedua korban tewas akibat tusukan badik. Namun Kejaksaan Agung kemudian mengungkapkan bahwa mereka tewas akibat lemparan batu secara bertubi-tubi.

Kepolisian setempat hingga Selasa (28/7) masih menyelidiki motif pembunuhan itu sekaligus memburu pelaku.

Berpenduduk 26.000 jiwa, Tancitaro terletak di suatu kawasan yang menjadi kancah peperangan antara aparat keamanan dengan sindikat narkoba. Tahun lalu, tentara menghancurkan 20 laboratorium meth dan sejumlah polisi tewas dibunuh para anggota sindikat.

Advertisement

Sanchez merupakan pejabat kelima dari kota Tancitaro yang menjadi korban pembunuhan. Tahun lalu, ketua dewan kota, Gonzalo Pas, diculik dan dibunuh. Pada Desember tahun lalu, walikota Tancitaro dan sejumlah pejabat mengundurkan diri karena telah diancam oleh sindikat narkoba dan polisi setempat tidak berdaya menghadapi mereka.

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Walikota Tewas Dirajam
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif