News
Sabtu, 13 Maret 2010 - 12:37 WIB

Rusia bangun 16 reaktor nuklir di India

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

New Delhi–Sebuah kerja sama ditandatangani Rusia dan India dalam hal pembangunan reaktor nuklir. Dengan penandatanganan ini Rusia akan membangun 16 reaktor nuklir di India sebagai bagian kerjasama energi dan pertahanan.

Dilansir dari AFP, Jumat (12/3), penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Manmohan Singh.

Advertisement

Antisipasi jangka panjang kerjasama nuklir tersebut datang dari Putin. Dia mengatakan, kerjasama nuklir salah satu aspek penting dalam kemitraan dua negara yang memiliki hubungan dagan kuat.

“Kesepakatan mennunjukkan pembangunan 16 reaktor nuklir di 3 lokasi,” jelas Deputi PM Rusia, Sergei Ivanov, yang ikut mendampingin Putin.

Rusia akan membangun 6 reaktor pada tahun 2017. Rusia juga telah membangun 2 reaktor di selatan India, negara bagian Tamil Nadu.

Advertisement

Rusia bersaing dengan Perancis dan AS untuk membangung pembangkit listrik tenaga nuklir di negara dengan perekenomian terbesar ketiga di Asia ini. India sedang meningkatkan pasokan energinya untuk mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif