News
Senin, 16 Agustus 2010 - 14:21 WIB

Partai Republik kecam Obama

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington–Para politikus Partai Republik mengecam Presiden AS Barack Obama atas pernyataannya mengenai rencana pembangunan mesjid dan pusat budaya Islam di New York, AS.

Isu pembangunan mesjid di dekat “Ground Zero”, lokasi runtuhnya gedung World Trace Center (WTC) akibat serangan teroris pada 11 September 2001, saat ini tengah menjadi bahan perdebatan berbagai kalangan di AS.

Advertisement

Banyak yang mengkritik rencana pembangunan masjid di Lower Manhattan yang jaraknya cuma dua blok dari “Ground Zero” tersebut.

Sebagian keluarga korban tewas dalam serangan teroris itu gencar melancarkan kampanye untuk menghalang-halangi pembangunan masjid dan pusat budaya Islam tersebut. Alasan mereka, hal itu provokatif dan merupakan ketidakpedulian terhadap perasaan keluarga korban WTC.

Advertisement

Sebagian keluarga korban tewas dalam serangan teroris itu gencar melancarkan kampanye untuk menghalang-halangi pembangunan masjid dan pusat budaya Islam tersebut. Alasan mereka, hal itu provokatif dan merupakan ketidakpedulian terhadap perasaan keluarga korban WTC.

Pada Jumat (13/8) waktu setempat, Obama masuk ke perdebatan soal tersebut dengan memberikan dukungannya atas pembangunan pusat Islam yang diberi nama Cordoba House tersebut.

Kemudian pada Sabtu (14/8) Obama kembali menegaskan bahwa dirinya mendukung hak muslim untuk membangun pusat Islam tersebut. Namun Obama tidak mau berkomentar mengenai kebijaksanaan untuk memutuskan lokasinya di Lower Manhattan.

Advertisement

“Ini bukan soal kebebasan beragama karena kita semua menghargai hak setiap orang untuk beribadah sesuai hati nurani mereka… tapi menurut saya tidak bijaksana membangun masjid di lokasi di mana 3.000 warga AS kehilangan nyawa mereka sebagai akibat serangan teroris,” cetus John Cornyn, Republikan asal Texas dalam program televisi “Fox News Sunday”.

“Bagi saya itu menunjukkan bahwa Washington, Gedung Putih, pemerintah, presiden sendiri tampaknya akan terputus dari arus utama Amerika,” imbuhnya seperti dilansir Reuters, Senin (16/8).

Peter King, anggota Kongres dari Partai Republik asal New York yang menentang lokasi pembangunan pusat Islam tersebut, menyayangkan sikap Obama yang menurutnya tidak tegas.

Advertisement

Dikatakan King, pernyataan Obama pada 13 dan 14 Agustus jelas memberikan kesan bahwa dirinya mendukung pembangunan pusat Islam tersebut namun kemudian mundur kembali keesokan harinya.

“Jika presiden akan masuk ke soal ini, dia harusnya jauh lebih jelas, jauh lebih seksama dan dia tak bisa mengubah keputusannya dari hari ke hari menyangkut isu yang masuk ke dalam konstitusi kita,” tutur King.

King pun mendesak para figur Islam di balik proyek tersebut untuk  mempertimbangkan kembali lokasi pembangunan pusat Islam tersebut. “Itu seperti menaruh garam di luka,” tuturnya.

Advertisement

Namun mereka yang mendukung rencana tersebut, termasuk Walikota New York Michael Bloomberg, beralasan bahwa toleransi beragama merupakan jawaban atas ekstremisme agama.

“Kekeliruannya adalah bahwa Al-qaeda yang menyerang kita. Islam tidak menyerang kita,” kata Jerrold Nadler, anggota Kongres dari Partai Demokrat mengenai serangan 11 September 2001. “Kita tidak diserang oleh semua muslim. Dan ada muslim yang tewas di sana,” imbuhnya.

Menurut survei terbaru CNN/Opinion Research Corporation Poll, mayoritas warga AS menentang proyek tersebut karena akan dibangun di dekat lokasi tragedi WTC.

Dalam survei tersebut, hampir 70 persen warga AS menentangnya. Mereka termasuk 54 persen pemilih Partai Demokrat, 82 persen pemilih Partai Republik dan 70 persen independen.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif