News
Kamis, 29 Juli 2010 - 13:53 WIB

Kebocoran dokumen, penyelidikan difokuskan ke spesialis intelijen

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington--Biro Investigasi Federal (FBI) dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) tengah bekerja sama dengan militer untuk menyelidiki sumber bocornya puluhan ribu berkas militer rahasia mengenai perang Afghanistan. Sebagian besar dari sekitar 91 ribu berkas rahasia itu diposting di situs WikiLeaks.

Penyelidikan itu difokuskan pada Bradley E. Manning, spesialis intelijen Angkatan Darat AS. Penyelidikan juga difokuskan pada orang-orang lainnya yang telah membantu pria berumur 22 tahun itu.

Advertisement

“Mereka akan melihat kemana saja bukti-bukti mengarah,” kata juru bicara Pentagon, Kolonel Dave Lapan seperti dilansir Washington Post, Kamis (29/7).

Manning belum lama ini dituntut atas dakwaan memberikan informasi rahasia ke sumber tak resmi sewaktu ditempatkan di Irak.

Seorang mantan hacker mengungkapkan bahwa Manning mengaku padanya telah mengirimkan dokumen-dokumen dan video ke situs WikiLeaks.

Advertisement

Dalam wawancara Minggu, 25 Juli lalu, mantan hacker tersebut, Adrian Lamo mengatakan, kemungkinan besar Manning merupakan sumber WikiLeaks untuk dokumen-dokumen rahasia mengenai perang Afghan.

Gedung Putih telah mengutuk pembocoran berkas-berkas rahasia tersebut. Pentagon pun telah melancarkan pemburuan untuk menemukan siapa yang membocorkan dokumen, yang salah satunya mengenai jumlah kematian warga sipil di Afghanistan yang sebelumnya tidak dilaporkan.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif