Jumat, 31 Desember 2010 12:07 WIB News Share :

Waspadai gelombang tinggi di sebagian besar perairan Indonesia

Jakarta–Di hari terakhir di tahun 2010 ini, kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia memang tak cukup kondusif. Kondisi ini pun berpengaruh pada tingginya gelombang laut dan munculnya angin kencang.

Demikian seperti dijelaskan dalam rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima detikcom, Jumat (31/12). Menurut BMKG, angin di atas wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah Barat-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 05-15 knots atau sekitar 09-27 km/jam.

Namun pada hari ini diperkirakan kecepatan angin akan melebih 15 knot atau 27 km/jam). Angin kencang seperti ini diperkirakan muncul sejumlah wilayah perairan sekitar tanah air seperti di Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Laut Natuna, Laut Jawa, Samudera Hindia sebelah barat Sumatera hingga selatan NTT, Laut Banda dan Laut Arafuru, serta Samudera Pasifik timur Filipina.

Keberadaan angin kencang ini berdampak pada timbulnya gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Menurut BMKG, prakiraan gelombang laut maksimum yang terjadi hari ini di Indonesia berlaku mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB dan terbagi dalam tiga level.

Pertama, gelombang setinggi dua hingga tiga meter diperkirakan akan muncul di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, perairan selatan Jawa Timur hingga NTB, perairan selatan Kupang, Laut Timor bagian selatan, Laut Natuna, Perairan Kepulauan Riau, Selat Karimata, Perairan Pulau Bangka dan Pulau Belitung, Laut Sumbawa, Perairan Pulau Selayar, Laut Flores bagian barat, Perairan Kepulauan Sermata-Leti, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, Laut Maluku bagian utara, Perairan utara Pulau Halmahera, dan Laut Halmahera.

Kedua, gelombang setinggi tiga hingga empat meter akan muncul di perairan Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Anambas, Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Samudera Hindia selatan Banten, perairan selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Samudera Hindia selatan Jawa Timur hingga NTB, perairan selatan Pulau Sumba hingga Pulau Rote.

Ketiga, gelombang setinggi empat hingga lima meter akan muncul di wilayah Laut Cina Selatan, Samudera hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Adanya angin kencang dan gelombang tinggi ini tak lepas dari potensi turunnya hujan lebat disertai petir di sejumlah wilayah Indonesia. Pada hari ini hujan lebat berpeluang turun antara lain di beberapa tempat di Jawa bagian timur dan tengah, perairan selatan Jawa bagian tengah, perairan selatan Bali hingga NTB, Laut Jawa, dan Laut Bali.

“Adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi-lokasi tersebut dapat menimbulkan
angin kencang dan menambah tinggi gelombang,” tandas BMKG.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…