Soloraya
Jumat, 31 Desember 2010 - 04:56 WIB

Kasus GLA bisa sandung Parpol

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)--Konstelasi politik di Karanganyar pada Pemilu legisatif (Pileg) 2014 dipastikan bakal berubah.

Hal ini terkait mencuatnya skandal Griya Lawu Asri (GLA) yang membelit sejumlah partai politik (Parpol).

Advertisement

Partai-partai yang diduga menerima aliran dana GLA bantuan dari Kementerian Negara Perumahan Rakyat (Kemenpera) ini diperkirakan mengalami penurunan perolehan suara mendatang.

Bahkan partai berbasis agama yang diperkirakan bakal paling terkena imbasnya.

Hal ini diungkapkan Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar Kustawa Esye ketika dijumpai Espos, di ruang kerjanya, Kamis (30/12).

Advertisement

“Jelas akan mempengaruhi perolehan suara nanti. Terutama untuk Parpol berbasis agama. Selama ini pandangan masyarakat partai berbasis agama bersih dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme-red),” katanya.

Meskipun, lanjut Kustawa, dalam kesaksiannya Parpol telah menyatakan tidak mengetahui sumber aliran dana tersebut. Namun realisasinya aliran dana yang mengalir ke Parpol adalah berasal dari dana bantuan Kemenpera.

Termasuk untuk Parpol berbasis nasional juga sedikit banyak akan terpengaruh. Adanya citra buruk yang telanjur melekat di masyarakat lantaran kasus tersebut sudah masuk dalam ranah persidangan, kendati belum dibuktikan kebenarannya.

Advertisement

“Tapi masyarakat kita itu kalau sudah di persidangan ya itu citranya buruk. Nah ini yang mungkin akan berpengaruh terhadap perolehan suara nanti,” tegasnya.

Menurut Kustawa, kasus GLA bakal berpengaruh terhadap lunturnya kepercayaan kepada Parpol bersangkutan. Para simpatisan maupun kader akan lari ke Parpol lainnya yang bersih dari kasus GLA.

Namun tidak menutup kemungkinkan para kader dan simpatisan justru memilih golongan putih (Golput). Bahkan, Kustawa menuturkan suara-suara masyarakat tersebut bisa beralih ke partai-partai baru. Sesuai dengan data Pileg 2009 silam, angka Golput Karanganyar tercatat mencapai 11%.

isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif