Jumat, 31 Desember 2010 13:15 WIB Tokoh Share :

Hanung Brahmantyo garap film '?'

Jakarta–Sutradara Hanung Brahmantyo sedang menggarap film terbarunya yang diberi judul ‘?‘. Ia ingin para penontonnya sendiri yang menafsirkan judul yang pas untuk film bertema toleransi antarumat beragama di Indonesia itu.

‘?’ adalah film ketiga dari Hanung yang merupakan produksi sendiri tanpa menggandeng PH besar. Sebelumnya suami Zaskia Adya Mecca itu telah memproduksi Queen Bee dan Menembus Impian lewat PH Dapur Film. Tapi, secara keseluruhan, ini akan menjadi film ke-14 Hanung.

“Kita melahirkan sebuah film yang sebenarnya bukan film komersil, tapi sebuah film statement. Kita ingin berbicara kepada masyarakat tentang kondisi antaragama yang mewarnai situasi di Indonesia,” papar Hanung saat jumpa pers di Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (30/12) malam.

Hanung sudah lama memiliki keinginan untuk membuat film yang bercerita tentang indahnya toleransi antar umat beragama. Masa kecil sutradara kelahiran Yogyakarta, 1 Oktober 1975 itu dihabiskan di lingkungan yang amat menghargai perbedaan keyakinan.

“Saya sering menjumpai orang yang berpindah agama di kehidupan pribadi dan sosial saya. Saya dari kecil hidup di lingkungan yang bukan islam, kebetulan ibu saya Cina, saya juga punya 2 hari besar, lebaran dan natal. Itu menjadi kehidupan pribadi saya yang sangat harmonis kala itu,” kenangnya.

Hanung menyiapkan dana yang cukup besar untuk film yang bertujuan bukan komersil. Dengan dana sekitar Rp 5 miliar, ia berusaha realistis dengan hanya menargetkan 1 juta penonton.

Kehadiran penyanyi Glenn Fredly dalam film tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri. Hanung memilih Semarang sebagai latar tempat dalam filmnya. Ibukota Jawa Tengah itu dirasa amat pas untuk film bertema toleransi antarumat beragama.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…